Jokowi Dinilai Bawa Pariwisata Indonesia Lebih Maju

Jokowi Dinilai Bawa Pariwisata Indonesia Lebih Maju
Foto: Biro Pers Setpres

MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai premimpin yang paling serius bangun kemajuan pariwisata Indonesia. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy. 

Ia mengatakan, langkah yang diambil Jokowi dalam membangun pariwisata di Indonesia sangat kongkrit. Didien mengungkapkan, seperti beberapa waktu lalu mengumpulkan para stakeholder di destinasi super prioritas, ke Istana Negara, dalam kesempatan itu diputuskan beberapa solusi kongkrit untuk dunia pariwisata.

"Kongkrit, Tidak basa-basi, cepat dan sudah terasa impact-nya dalam lima tahun terakhir. Infrastruktur di-support besar-besaran, agar akses dan koneksi antardestinasi semakin kuat," ujar Didien dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/7). 

Didien mengaku baru kali ini mendapatkan sosok pemimpin yang bersungguh-sungguh membangun industri pariwisata. Menurut dia, tidak mudah membangun pariwisata kelas dunia. Apalagi masyarakat yang selalu ingin agar hal tersebut segera terealisasi, tanpa melihat proses.

Ia pun mengungkapkan, saat mengikuti pertemuan bersama Jokowi beberapa waktu lalu, melihat Presiden RI ke 7 itu kaget lantaran mendengar untuk membangun wisata Nusa Dua Bali butuh 20-30 tahun. 

"Saat itu disampaikan mengenai pembangunan pariwisata. Beliau kaget karena ternyata untuk membangun Nusa Dua dibutuhkan waktu sampai 20-30 tahun. Dan menurut Presiden itu sangat lama," ungkapnya.

Didien menilai, kondisi tersebut terjadi lantaran pemerintahan sebelumnya tidak ada yang berani mengangkat pariwisata atau pariwisata tidak menjadi prioritas. Menurut dia, baru pada era Joko Widodo, selama lima tahun berturut-turut menempatkan pariwisata sebagai sektor prioritas. 

Ia mencontohkan cara kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang dibangun dengan sangat serius. Bahkan, targetnya pada tahun 2020 Mandalika akan memiliki sirkuit internasional untuk menggelar MotoGP. "Ini luar biasa, menempatkan Indonesia satu level dengan negara-negara di dunia," sambungnya. 

Didien pun dengan tegas mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo yang akan menggunakan orang-orang yang sigap dan memiliki terobosan. Karena pariwisata membutuhkan orang-orang seperti itu. 

Lebih lanjut Didien menambahkan, Presiden Joko Widodo adalah sosok yang punya political will jelas. Komitmen yang tegas, dan kemauan keras. 

"Semua itu diterjemahkan dengan baik oleh seorang Arief Yahya. Sebagai seorang Menteri Pariwisata, Arief Yahya selalu memiliki inovasi. Selalu memiliki terobosan. Ini sangat luar biasa," pungkas dia.