Jokowi Resmikan Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya

Jokowi Resmikan Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya

MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019). Peresmian Bandara Tjilik Riwut tersebut dilakukan sebelum, Calon Presiden Petahana menggelar kampanye terbukanya. Bandara Tjilik Riwut sendiri sudah beroperasi sejak 23 Maret 2019.

“Pembangunan bandara yang dilakukan kurang lebih empat tahun sudah selesai. Anggaran pembangunan ini Rp 700 miliar,” ujar Jokowi di Palangkaraya.

Menurut Jokowi peresmian Bandara Tjilik Riwut sengaja dipercepat karena mengejar musim mudik yang akan memasuki bulan Juni 2019.

“Yang jelas ini antisipasi kebutuhan penumpang yang sangat tinggi, Jadi diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Sebagai informasi nantinya Bandara Tjilik Riwut akan menjadi managemen Angkasa Pura II (AP) II. Artinya, segala bentuk keuntungan maupun kendala di dalamnya akan menjadi tanggungjawab AP II yang juga bertanggungjawab pada Bandara Soekarno Hatta-Cengkareng, Banten.

Di lokasi yang sama Diretur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pengoperasian terminal baru merupakan komitmen AP II untuk memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang pesawat di Bandara Tjilik Riwut.

“Jadi ini adalah upaya kami meningkatkan kualitas jasa penerbangan di Palangkaraya. Awalnya Bandara ini managemen tata kelolanya berada di Dirjen Perhubungan Kemenhub. Sekarang sejak 19 Desember 2019 kepada AP II karena kini berbasis Internasional,” ujar Muhammad Awaluddin.

Terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 m2 dan dapat menampung hingga 2.200 orang per harinya. Sebelumnya, terminal lama hanya dapat menampung 600 orang saja.

Saat ini, ada enam maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Palangkaraya, antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air dan Transnusa.