Di Hadapan Ribuan Relawan, Jokowi Tepis Isu Dirinya Antek Asing

Di Hadapan Ribuan Relawan, Jokowi Tepis Isu Dirinya Antek Asing
Pidato Jokowi Saat Hadiri Silaturahmi Akbar Balad Jokowi, Bandung (10/03)/Foto: Alfan

MONITORDAY.COM - Dihadapan ribuan orang yang hadir Silaturahmi Akbar Balad Jokowi, Minggu (10/03/2019) di Bandung, Capres nomor Urut 01 Joko Widodo menepis isu bohong yang ditujukan pada dirinya soal antek asing.

Jokowi menegaskan bahwa berita sudah banyak tersebar yang menyebutnya antek asing itu adalah bohong, "saya tegaskan kalau ada isu saya adalah antek asing itu jelas berita bohong," tegas Jokowi. 

Mantan Walikota Solo ini menyampaikan fakta-fakta dilapangan, bahwa di masa kepemimpinannya, Indonesia sudah bisa mengambil alih saham perusahaan-perusahaan yang dulunya dikuasai asing.

Ia mencontohkan, ada blok minyak Mahakam sudah 50 tahun dikelola Inpex Corporation dan Total E&P Indonesia (TEPI), itu adalah punya Jepang dan Prancis. "2015 sudah di ambil alih oleh Indonesaia dan diserahkan 100% ke pertamina," jelasnya.

"Belum lagi blok rokan di Riau, ini blok minyak dan gas terbesar di Indonesia. sudah lebih 90 tahun di kelola yg namanya Chevron dari Amerika. Sekarang sudah diambil alih 100% oleh Indonesia," tambah Jokowi. 

Ia juga menambahkan, saat ini Freeport sudah 51,2% mayoritas diambil alih oleh Indonesia yang dikelola oleh PT. Inalum." Kita yang ambil alih, ko saya yang di tuduh antek asing?, jelas tidak masuk logikanya," tutur Jokowi

Menurutnya, fakta yang ada di lapangang sudah di bolik-balik. "apa jangan-jangan ada antek asing yang takut kepada saya?, takut sahamnya kembali diambil alih oleh Indonesia," cetusnya.

Jokowi berharap masyarakat bisa menangkal tentang isu negatif yang tersebar terhadap dirinya. "Kalau isu negatif ini di biarkan akan semakin banyak yang percaya terhadap isu negatif terebut," pungkas Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.