Kalah lagi di Sidang Bawaslu, Fahri Prihatin Kinerja KPU

Kalah lagi di Sidang Bawaslu, Fahri Prihatin Kinerja KPU
.

MONITORDAY.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali kalah dalam sidang sengketa pemilihan umum Partai Bulan Bintang (PBB), di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bnwaslu), Minggu, (4/3/2018). Kekalahan KPU ini adalah yang keempat kalinya bagi KPU.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyatakan keprihatinannya melihat kinerja KPU saat ini. "Ya itulah. Saya terus terang agak sedih melihat KPU sekrang ini ya. Dan kalau tidak memperbaiki diri bisa merusak reputasi dan kredibiltas pemilihan akan datang. Tolonglah KPU mulai sekarang independenlah jangan kelihatan memihak siapa pun. Sebab, itu bisa merusak demokrasi kita secara umum," ujar Fahri di Kompleks Parleman, Senayan, Jakarta, Senin, (5/3/2018).

Fahri juga meminta KPU melakukan evaluasi terhadap beberapa kelalaian yang terjadi di lembaga itu. "Saya kaget waktu PBB ditiadakan, sementara partai yang gak jelas aja tiba-tiba jadi peserta pemilu enak betul itu. Saya gak pernah lihat di seluruh daerah soalnya seluruh Indonesia. Kalau PBB jelas ada DPRD nya di seluruh kabupaten masa ini ada partai yang gak pernah kita ketemu apa-apanya di seluruh Indonesia tiba tiba ikut pemilu," tegas Fahri

Fahri kemudian berharap, agar KPU hati-hati, supaya tidak dituduh mengadakan partai yang bukan basisnya administratif dan faktual atau bisa juga isu lain. Karena menurutnya, KPU merupakan andalan untuk menciptakan pemerintahan yang legitimate, yang tidak saja diakui rakyatnya, tetapi juga dunia internasional.

Untuk diketahui, sebelumnya KPU kalah di sidang Bawaslu pada pertengahan tahun lalu terkait dengan proses pendaftaran parpol ke KPU, serta sengketa administrasi Partai Garuda dan Berkarya. Kemudian tahun 2018 ini, KPU kalah sengketa pilkada Sumatra utara, dan yang terkhir ini sengketa dengan PBB di Bawaslu.

[Msn]