Kang Emil : Di Zaman Now, Kognitif Saja Tidak Cukup, Siswa Harus Miliki 3 Kemampuan Dasar Lainnya

Kang Emil : Di Zaman Now, Kognitif Saja Tidak Cukup, Siswa Harus Miliki 3 Kemampuan Dasar Lainnya

MONITORDAY.COM – Hidup dizaman serba modern seperti saat ini menuntut banyak orang untuk memiliki beberapa kemampuan yang akan menjadi bekal yang sangat dibutuhkan disaat ini. Gubernur jawa barat, Ridwan Kamil atau biasa disapa dengan Kang Emil ini disela-sela waktunya berbagi informasi kepada para siswa-siswa sekolah selalu menyampaikan, setidaknya ada 3 kemampuan dasar yang perlu dan wajib dimiliki di zaman now.

Kemampuan itu, menurutnya adalah kemampuan berbahasa, kemampuan kepemimpinan, dan kemampuan digital.

“Penguasaan tiga kemampuan telah menjadi kewajiban karena merupakan kebutuhan dalam proses adaptasi yang dilakukan dengan keadaan saat ini,” ujar Ridwal Kamil, Rabu (30/01/2019).

Kang Emil berpendapat, saat ini unggul di bidang koginitif saja tidak cukup, sehingga penguasan tiga kemampuan tersebut harus ditingkatkan.

Gubernur pun mencontohkan penguasaan di bidang digital. “Siswa harus paham, manfaatkan dan menguasai internet off things, sistem pemograman, aplikasi dan bidang lainnya,” tuturnya.

Selain itu, kemampuan berbahasa asing pun menjadi sesuatu yang harus dikuasi siswa sebagai sarana menjalin komunikasi. Terakhir, Gubernur Jabar ini menekankan pentingnya kemampuan kepemimpinan yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan. 

“Jika kalian mempunyai jiwa kepemimpinan, kalian akan tahu kapan harus bertindak tegas, kapan harus bertindak lembut dan selalu menjadi pribadi yang tenang,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika. Kadisdik mengapresiasi peresmian gedung tersebut dalam rangka meningkatkan akreditasi dan standar mutu pendidikan di sekolah tersebut.

“Semoga anak-anak semakin termotivasi dengan adanya fasilitas ini,” ucapnya.