Kemenperin Targetkan Ekspor 350 ribu Mobil di 2019

Kemenperin Targetkan Ekspor 350 ribu Mobil di 2019
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara GIIAS 2019, di ICE BSD city, Kamis (18/7).

MONITORDAY.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan ekspor 350 ribu mobil di 2019. Hal tersebut dikatakan dalam pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Kamis (18/7).

"Produksi ini targetnya 300 ribu. itu target kecil sebenarnya, karena naiknya hanya 10 persen, kami targetkan sebetulnya, kalau prinsipalnya mendukung itu 350 ribu unit," ujar Airlangga.

Ia mengatakan, bahwa industri otomotif nasional saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional. Produksi dan penjualan otomotif nasional dalam sejak tahun 2013 telah mencapai rata–rata di atas 1,2 juta unit per tahun.

Airlangga pun optimis investasi di sektor otomotif akan mencapai Rp 100 triliun. Target ini direncanakan tercapai dalam lima tahun mendatang. "Saya optimistis dalam waktu lima tahun akan ada Rp 100 Triliun investasi baru di sektor otomotif," ujar dia.

Guna mencapai target tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, diperlukan dukungan semua pihak terutama dalam hal peningkatan efisiensi produksi dan daya saing produk melalui implementasi industri 4.0.

Menurut dia, perlunya penciptaan iklim usaha yang kondusif melalui harmonisasi dan sinkronisasi regulasi di sektor otomotif, serta yang terpenting yaitu komitmen dari prinsip untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang berorientasi ekspor.

Untuk diketahui, acara GIIAS 2019 Acara yang berlangsung 18-28 Juli 2019. Sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, gelaran tahun ini akan ada ratusan merek dan produk yang dipertunjukkan, serta menghadirkan berbagai teknologi otomotif terkini, mobil dan motor baru, dan kendaraan konsep.