Klasik Beans, Menebar Aroma ke Pentas Dunia

Klasik Beans, Menebar Aroma ke Pentas Dunia
Ilustrasi foto/Net

MONITORDAY.COM - Tak hanya bagi masyarakat Inggris, bulan Mei ternyata juga menjadi bulan kegembiraan bagi masyarakat Indonesia. Karena di bulan ini, tepatnya 8 Mei 2019 koperasi kopi ‘Klasik Beans’ berhasil menyabet penghargaan dari organisasi lingkungan Rainforest Alliance.

Melalu proses seleksi yang panjang, Klasik Beans terpilih untuk menerima penghargaan ‘2019 Community Leadership Award.”

Diwakili oleh Eko Purnomowidi dan Deden Pahlevi, Klasik Beans menjadi representasi konsep pengembangan perkebunan kopi rakyat yang berkelanjutan untuk masa depan.

Memulai koperasi sebagai relawan tanggap bencana dan organisasi pelestarian hutan dataran tinggi, Klasik Beans berhasil melahirkan kembali identitas kopi Jawa Barat yang sempat terlupakan sejak era Belanda.

Koperasi Klasik Beans sendiri telah memiliki rekam jejak mentereng di industri kopi tanah air. Tidak jarang kopi dari Klasik Beans dibawa oleh barista-barista negara lain untuk berkompetisi di level internasional. Koperasi ini pula yang pertama kali mengantongi Surat Keterangan Asal (SKA) guna mengekspor kopi identitas Jawa Barat setelah sekian lama terlupakan.

Determinasi dan konsistensi Koperasi Klasik Beans dalam mengedepankan agroforestry dengan skema perkebunan tani rakyat ternyata berhasil mencuri perhatian orhanisasi dunia sekelas Rainforest Alliance.

Upayanya mereforestasi lebih dari 270 hektar lahan kritis di 7 titik Jawa Barat hingga 2018 dengan pelibatan masyarakat melalui kopi dan pelestarian tanaman kayu endemik, diganjar penghargaan tertinggi di malam Gala Rainforest Alliance.

Awalnya, Koperasi Klasik Beans mencoba untuk merawat alam melalui kopi, kini mereka percaya bahwa alam juga merawat kehidupan petani-petani kopi paguyuban Tani Sunda Hejo yang memang jadi bagian Koperasi Klasik Beans.

Torehan positif Klasik Beans Hasil ini tentu saja menjadi angin segar bagi industri kopi Indonesia dan menjadi wajah perkebunan kopi rakyat yang berwawasan lingkungan untuk masa depan.