Kurangi Risiko Bencana, BNPB Beri Mitigasi Bagi Daerah Kawasan Wisata

Kurangi Risiko Bencana, BNPB Beri Mitigasi Bagi Daerah Kawasan Wisata
Kelapa BNPB Doni Monardo

MONITORDAY.COM - Bencana alam seperti tidak pernah lepas dari wilayah Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah berupaya untuk membangun wisata yang kuat melalui mitigasi dan sosialisasi.

Kelapa BNPB Doni Monardo menguraikan mitigasi itu merupakan upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kampung menghadapi ancaman bencana.

"Kita sudah punya tim yang melakukan sosialiasi ke semua provinsi. Mengambil contoh Bali, di sana sudah bagus sistemnya, beberapa hotel ketika tamu datang sudah memberikan informasi potensi yang terjadi ketika muncul bencana alam," kata Doni di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (09/9).

Menurutnya, BNPB telah lakukan sosialisasi bahaya bencana ke semua daerah. Ia menilai dengan menjalankan hal tersebut wisatawan menjadi nyaman.

"Kalau sudah dijalankan dengan baik dan semua daerah, wisatawan tentu akan semakin nyaman ketika berada di Indonesia," lanjutnya.

Ia memberi contoh di daerah Banyuwangi, yang diberikan sosialisasi tentang tempat yang berpotensi bencana alam yang berulang.

"Pernah kita sampaikan ke Bupati Banyuwangi ketika ingin membangun hotel, kita sosialiasi bentuknya seperti apa, konstruksinya seperti apa, dan tim kami sudah melakukan pembicaraan,"pungkasnya.