Lima Tahun Bertanding di Luar Kandang, Persija Akhirnya Diberikan Izin Menjamu Persib di GBK

Lima Tahun Bertanding di Luar Kandang, Persija Akhirnya Diberikan Izin Menjamu Persib di GBK
Persija Vs Persib 10 Juli 2019 (Fhoto : Bola.net)

MONITORDAY.COM - Persib Bandung bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menghadapi Persija Jakarta di Liga 1. Setelah setengah dekade, duel Macan Kemayoran dengan Maung Bandung digelar di GBK. Laga ini berlangsung Rabu (10/7/2019), pertandingan ini merupakan laga kandang kedua Persija di Liga 1 2019.

Terakhir kali Persija menjamu Persib di GBK nyaris lima tahun silam, tepatnya 10 Agustus 2014. Saat itu, skor akhirnya 0-0. Soccerway melansir penonton yang hadir di stadion mencapai 66.143 pasang mata.

Di skuat Persija saat ini, pemain seperti Ismed Sofyan, Dany Saputra, dan Rohit Chand menjadi bagian laga itu. Sementara di Persib, Ahmad Jufrianto, Supardi Natsir, dan Hariono juga merasakan pengalaman yang sama. Setelah itu, Persija vs Persib digelar di tempat netral untuk menjalankan sebanyak tiga kali pertandingan.

Selain alasan keamanan, renovasi GBK untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 juga menjadi penyebab duel Persija dengan Persib tak bisa digelar di sana. Proses renovasi GBK berlangsung dari 2016 sampai awal 2018. Persija vs Persib di ajang Indonesia Soccer Championship pada 5 November 2016 berlangsung di Stadion Manahana. Hasil akhirnya duel itu juga identik, skor kaca mata alias tanpa gol.

Pada 30 Juni 2018, Persija vs Persib berlangsung di Jakarta. Pertandingannya digelar tanpa penonton di Stadion PTIK, Tim Oranye menang 1-0. Jaimerson Xavier yang menjadi penentu kemenangan Persija. Maung Bandung mempunyai catatan kurang oke saat dijamu Persija. Dalam enam lawatan terakhir, mereka gagal menang.

Hasilnya, empat pertandingan dengan hasil imbang dan dua kali menelan kekalahan. Persib gagal mencetak gol di kandang Persija sejak 2014. Terakhir Pangeran Biru menjebol gawang tim ibukota pada laga yang berlangsung di stadion Maguwoharjo pada 28 Agustus 2013. Laga Liga 1 antara Persija vs Persib saat itu selesai 1-1.