Lindungi Warisan Kita, Lindungi Jiwa Kita (Bagian 2)

Lindungi Warisan Kita, Lindungi Jiwa Kita (Bagian 2)
Budaya Indonesia. (c) Google

MONITORDAY.COM Warisan Indonesia sangat banyak ragamnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai cara untuk melestarikan sekaligus melindungi warisan-warisan budaya yang ada.

 

Capacity Building Masyarakat Sekitar Cagar Budaya

Capacity building terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar cagar budaya perlu dilakukan. Poin 3f Deklarasi Budapest berbunyi, “Berusaha untuk memastikan keterlibatan aktif dari komunitas-komunitas lokal dalam segala level identifikasi, proteksi, dan manajemen properti Warisan Dunia”.

Capacity building rutin dapat dilakukan sebagai salah satu tindak preventif, juga untuk menyetarakan level kapasitas masyarakat sekitar cagar budaya mengenai perlindungan cagar budaya di daerah mereka.

 

Optimalisasi Sumber Daya

Penting bagi masyarakat yang tinggal di sekitar cagar budaya untuk meningkatkan kapasitas mereka, yang juga berguna untuk meningkatkan pendapatan daerah. Sesuai salah satu tujuan Deklarasi Budapest, yaitu, berusaha untuk memastikan keseimbangan yang tepat dan adil antara konservasi, keberlanjutan, dan pembangunan, sehingga properti Warisan Dunia dapat dilindungi dengan aktivitas yang berkontribusi dalam pembangunan sosial dan ekonomi serta kualitas hidup komunitas-komunitas, optimalisasi sumber daya adalah salah satu cara untuk mewujudkannya.

 

Promosi Warisan Budaya

Dalam poin 3e Deklarasi Budapest, disebutkan bahwa tiap negara harus mempromosikan Warisan Dunia melalui komunikasi, pendidikan, penelitian, pelatihan, dan strategi kesadaran publik. Solusi ini tidak hanya berguna untuk mempromosikan cagar budaya agar diketahui banyak orang, melainkan agar orang-orang, baik masyarakat Indonesia maupun dunia, menjadi lebih peduli terhadap cagar-cagar budaya yang ada.

Dengan adanya rasa kepedulian tersebut, akan muncul rasa ingin melindungi cagar-cagar budaya, entah dari hal yang dapat dikendalikan manusia maupun tidak. Terutama untuk anak-anak muda yang gemar travelling, sehingga lebih paham akan pentingnya melindungi dan mempromosikan warisan budaya dunia. Karena, dengan melindungi warisan budaya dunia, kita juga melindungi jiwa kita. Yuk, bergandengan tangan untuk mempromosikan dan melindungi warisan dunia!