Luhut Jelaskan Soal Video Ricuh di Debat Kedua Pilpres

Luhut Jelaskan Soal Video Ricuh di Debat Kedua Pilpres

MONITORDAY.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan angkat bicara terkait kericuhan di sela-sela debat kedua capres 2019. Dia mengaku sempat bangun dari tempat duduknya saat debat kedua capres pemilu 2019 untuk mendinginkan suasana saat itu.

"Enggak-enggak, saya bilang cooling down," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Dia mengaku tak terlibat dalam kericuhan tersebut. Dirinya bangun dari tempat duduk dan berada di tengah kerumunan untuk meminta Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean tidak melanjutkan keributan di arena debat.

"(Saya) Bilang sama Ferdinand enggak usah ribut-ribut lah, itu saja," katanya.

Menurut Luhut, meskipun bukan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, dirinya ingin mendingankan suasana ricuh di sela-sela debat capres yang sedang berganti segmen. Dia tak ingin debat tersebut menjadi kacau.

"Ya karena di depan kami sudah banyak, ya saya kan boleh, bilang jangan ribut-ribut. Masa enggak boleh," tegasnya.

Sebelumnya, situasi di ruang debat capres memang sempat memanas seiring dengan berakhirnya segmen ketiga. Kubu Prabowo memprotes ke KPU lantaran merasa calonnya diserang dengan isu personal oleh calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyebut Prabowo memiliki lahan seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah.

Beberapa orang yang tampak maju mengerumunin KPU di antaranya Sufmi Dasco Ahmad, Habiburokhman, Ferdinand Hutahaean, Jansen Sitindaon, Putra Jaya Husin, Hashim Djojohadikusumo, Ansufri Idrus Sambo, Priyo Budi Santoso, dan lainnya.

Mereka mengerubungi Ketua KPU Arief Budiman dan para anggotanya. Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Abhan juga ada di tengah kerumunan.

Luhut sempat terlihat beradu pendapat dengan Ferdinand Hutahaean. Namun, dia akhirnya kembali ke kursinya setelah tampak berbicara dengan komisioner KPU Hasyim Asyari. Ferdinand tampak mengejar Luhut ke kursinya dan berbincang sejenak.