Mahasiswa Unpad Berkreasi Bersama Warga Desa Cibeusi

MONITORDAY.COM Minggu, 2 Desember 2018 lalu, sekitar 50 mahasiswa Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam kelompok FEB 1 berkunjung ke RW 1 Desa Cibeusi, Jatinangor, Sumedang dalam rangka kegiatan Olahraga, Kreativitas, dan Kesenian atau OKK yang bertajuk “Cibeusi Berkreasi”. Kunjungan ini disambut hangat oleh warga Desa Cibeusi, termasuk Ketua RW dan Karang Taruna di sana.

Hari Jumat minggu sebelumnya, pada tanggal 23 Desember 2018, diadakan pra-kegiatan “Cibeusi Berkreasi” yang berisi perkenalan, berbagai permainan, hingga sosialisasi tentang kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan oleh Muhamad Tio Dwi Hertanto dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran bersama rekan-rekannya bagi anak-anak dan orangtua.

Kegiatan hari Minggu pagi itu dimulai dengan acara Minggu Bersih, yaitu dengan membersihkan lingkungan sekitar RW 1 Desa Cibeusi yang dilakukan mahasiswa Unpad bersama warga desa. Rata-rata peserta yang berpartisipasi adalah anak-anak dan anggota Karang Taruna. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian wawasan mengenai pentingnya profesi dan cita-cita sekaligus sharing tentang kewirausahaan oleh Naufan Alpha Hariz dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Sementara anak-anaknya melakukan berbagai kegiatan, ada pula lomba memasak bagi ibu-ibu Desa Cibeusi. Ada pula penampilan akustik dari kelompok FEB 1 untuk menghibur warga desa sebelum perpisahan. "Kegiatan Cibeusi Berkreasi luar biasa, karena lewat kegiatan kemarin, kita bisa belajar banyak hal. Mulai dari kerja sama, saling menghargai, peka terhadap lingkungan dan berani tampil didepan umum. Disamping itu juga mendapat teman baru bahkan keluarga baru, serta menjadikan kita sebagai mahasiswa yang bermanfaat," ucap Hisbi Zahabuddin Nasution, ketua pelaksana Cibeusi Berkreasi.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama sebuah blender yang dimenangkan oleh Amel, anggota Karang Taruna. “Menurut saya, bentuk kegiatannya yaitu seminar mengenai kewirausahan dan dihadiri oleh perwakilan anak muda yang tentunya sangat perlu untuk memahami kewirausahan karena kewirausahan mampu membuka lapangan kerja dan tentunya dapat berdampak panjang ke perbaikan perekonomian di Indonesia,” komentar Ichlasul Amal, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran yang juga penanggung jawab dari kegiatan Cibeusi Berkreasi.