Masyarakat Diminta Kenali Figur Capres Sebelum Memilih

Masyarakat Diminta Kenali Figur Capres Sebelum Memilih
Ketua Umum PPP Romahurmuzy/foto:istimewa

MONITORDAY.COM – Menjelang berlangsungnya Pilpres 2019, masyarakat diminta untuk lebih mengenali figur dari Capres-Cawapres sebelum memilih. Hal ini dinilai penting agar masyarakat tidak salah dalam memilih pemimpin, serta untuk mengkonfirmasi kabar negatif yang ditujukan kepada mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy. Dia mengimbau agar meneliti kembali kabar yang belum jelas sumbernya yang ditujukan untuk capres. "Kenali sosok kedua Capres yang saat ini maju dalam Pilpres, namun jangan mudah percaya pada informasi yang tidak jelas sumbernya. Apalagi dari media sosial dikonfirmasi kebenarannya," tuturnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (31/1).

Dia mencontohkan, informasi yang menyebutkan soal apakah Jokowi tidak taat agama dan keturuan PKI. Untuk meluruskan informasi ini, masyarakat bisa konfirmasi dari tokoh NU di Solo yang banyak sudah lama berinteraksi dengan Jokowi.

"Keluarga Pak Jokowi di Solo rutin mengadakan pengajian, dan dekat dengan umat Islam. Salah satunya dibuktikan dengan banyaknya anggaran yang dialokasikan untuk pesantren yang jumlahnya berkali lipta dibanding pemerintahan sebelumnya," tuturnya.

Menurut Romy, Tokoh agama mempunyai peranan penting untuk menjelaskan profil Capres yang berdasarkan fakta. Ia yakin jika tokoh masyarakat bergerak untuk meluruskan semua berita bohong yang beredar, jumlah masyarakat yang mempercayai hoax akan semakin berkurang.

Karena itu, Dia kembali menegaskan agar kenali figur Capres yang akan dipilih, baik dari latar belakang keluarganya, maupun rekam jejaknya. "Kenali profil keluarga Pak Jokowi, begitu juga dengan profil keluarga Pak Prabowo. Siapa kedua orang tua dan saudara-saudara mereka," ujar Romy, yang juga terdaftar sebagai Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf ini.