Mengungkap Narasi Kebenaran, Benarkah Indonesia Terjajah Belanda Selama 3,5 Abad ?

Mengungkap Narasi Kebenaran, Benarkah Indonesia Terjajah Belanda Selama 3,5 Abad ?
Fadli Zon, Wakil Ketua DPR

MONITORDAY.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menghadiri peluncuran buku 'Indonesia Tidak Pernah Dijajah' yang ditulis oleh Batara R Hutagalung, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (19/8/2019). Ia mempertanyakan persoalan penjajahan Indonesia selama 350 tahun.

"Selama ini dalam narasi sejarah kita telah dijajah 350 tahun. Apakah betul kita dijajah 350 tahun atau hanya batavia saja?" kata Fadli Zon.

Launching buku juga dihadiri oleh sejarahwan senior, Taufik Abdulah, Diplomat Makarim Wibisono dan Guru besar Universitas Hasanuddin Makassar, Marthen Napang.

Fadli menilai buku 'Indonesia Tidak Pernah Dijajah' diluncurkan saat yang tepat yakni setelah perayaan HUT ke-74 RI. Sehingga, dapat mengingatkan bagi masyarakat terkait sejarah-sejarah apakah benar Indonesia betul terjajah selama kurun waktu 3,5 abad.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra mengatakan bangsa perlu memikirkan kembali history Indonesia karena sejarah dipengaruhi oleh Belanda. Menurutnya, Indonesia tidak pernah dijajah karena yang dijajah kesultanan-kesultanan.

"Jadi yang dijajah kesultanan-kesultanan karena belum menjadi Indonesia," sambungnya.