Menhan : Siapa Saja Yang Ingin Mengganti Ideologi Pancasila adalah Pengkhianat Bangsa

Menhan : Siapa Saja Yang Ingin Mengganti Ideologi Pancasila adalah Pengkhianat Bangsa
Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan

MONITORDAY.COM - Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan (Menhan) mengatakan siapa saja yang ingin mengganti ideologi Pancasila adalah pengkhianat bangsa. Pancasila adalah dasar negara yang sudah menjadi kesepakatan seluruh anak bangsa.

"Bila ada yang ingin mengganti ideologi Pancasila berarti dia itu adalah pengkhianat terhadap bangsa ini. Dia pengkhianat terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dan penghianat terhadap negara ini, pengkhianat terhadap kita semua, serta pengkhianat terhadap masa depan bangsa ini," kata Ryamizard dalam acara dialog kebangsaan bertajuk 'Pancasila Perekat Kita, Satu Nusa Satu Bangsa' di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, (12/8) 

Ryamizard Ryacudu menerangkan bahwa pancasila adalah ideologi negara yang sudah final, keberadaan Pancasila tidak bisa tegantikan, apalagi dilenyapkan.

"Pancasila adalah Indonesia itu sendiri. Mengganti Pancasila berarti mengganti Indonesia. Pancasila akan timbul dan tenggelam bersama negara ini. Hancurnya Pancasila adalah terpecahnya negara," jelas Rymizard.

Ia mengajak semua pihak diharapkan mendukung pemerintahan yang terpilih, serta tidak boleh ada perpecahan dan perselisihan yang kontraproduktif terhadap pembangunan bangsa.

"Mari kita percayakan proses pembangunan ini kepada pemimpin terpilih, yang tentunya merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena kita sendirilah yang memilihnya melalui mekanisme yang konstitusional. Tidak mudah mencari pemimpin dan tidak mudah menjadi pemimpin," tandasnya.