Lulusan SMK Sumbang Pengangguran, Menko Darmin: Pemerintah Sedang Fokus Lakukan Revitalisasi

Lulusan SMK Sumbang Pengangguran, Menko Darmin: Pemerintah Sedang Fokus Lakukan Revitalisasi
Menko Darmin saat menghadiri Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK.

MONITORDAY.COM – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution turut hadir dalam acara Rembuk Pendidikan Kejuruan SMK di Hotel Pulman, Jakarta. Dalam sambutannya, Darmin mengatakan, bahwa tingkat pengangguran di Indonesia saat ini kurang dari 5%. Tapi menurut tingkat pendidikannya, SMA dan SMK lah yang paling tinggi.

"Kenapa SMA dan SMK banyak (pengangguran), karena anak-anak muda masih memilih, tidak sembarangan kerja. Itu yang membuat tingkat pengangguran paling tinggi," ujarnya, Rabu (5/12/2018).

Itulah mengapa, kata Darmin, pemerintah saat ini sangat fokus melakukan revitalisasi SMK. Apalagi, Pemerintahan Jokowi-JK selama empat terakhir sudah membangun infrastruktur di daerah-daerah seperti adanya pelabuhan untuk meningkatkan kapasitas sehingga orang-orang dari pulau di Indonesia sudah mempunyai pelabuhan.

"Oleh karena itu, kita ingin membangun sumber daya manusia (SDM). Dimana Presiden Jokowi menekankan pengangguran lulusan SMK itu kecil," tambahnya.

Darmin juga optimis, bila maksud Presiden itu akan tercapai. Apalagi, kata Darminm anak-anak dari SMK berhasil meraih enam emas pada ajang World Skill Asia (WSA) 2018. Keberhasilan tersebut, kata Darmin, patut diapresiasi dan membuat kita makin yakin.

"Maka itu, kalau kita pilih yang bagus ya bagus bersaing dengan tamatan murid-murid lain di seluruh Asia," tandasnya.