Menpar Ajak Kaum Milenial Yogyakarta Promosikan Daerahnya Secara Digital

Menpar Ajak Kaum Milenial Yogyakarta Promosikan Daerahnya Secara Digital
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat foto bersama pada acara Millennial Tourism Corner (MTC) di Upnormal Coffee Roaster Yogyakarta, Jumat (23/8) lalu/Foto: Doc Kemenpar

MONITORDAY.COM - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kaum milenial di Yogyakarta memanfaatkan kemajuan teknologi berupa platform digital untuk mempromosikan destinasi wisata di daerahnya.

Ajakn itu disampaikan Menteri Arief saat acara Millennial Tourism Corner (MTC) di Upnormal Coffee Roaster Yogyakarta, Jumat (23/8) lalu.

Menpar mengatakan pariwisata saat ini menjadi salah satu penghasil devisa terbesar di Indonesia dengan kontribusi pada 2018 mencapai 19,2 miliar dolar AS. Untuk itu anak muda harus memanfaatkan pariwisata bukan hanya sebagai penikmat saja.

“Dalam hal pariwisata. Kalian harus bangga, karena pariwisata telah memberi dampak nyata bagi perkembangan Indonesia. Dengan digital mari promosikan pariwisata,” kata Menteri Arif seperti dikitip dalam siaran persnya, Minggu (25/8).

Untuk itu, lanjut Menpar Arief, mengajak kaum milenial untuk membantu program pemerintah, melakukan promosi secara masif melalui platform digital.

"Wisatawan milenial memiliki ‘power’ karena mereka besar dan aktif di dunia maya. Tapi, kondisinya belum terlayani dengan baik. Inilah yang akan dilakukan Kemenpar yakni memfasilitasi kesediaan pariwisata terbaik bagi kaum milenial,” tuturnya.

Menurutnya, zaman sekarang perilaku wisatawan sudah sangat digital. Sekitar 70 persen travellers melakukan ‘search dan share’ melalui platform digital sehingga, lebih dari 50 persen inbound travellers yang datang ke Indonesia adalah kaum milenial.

“Milenial adalah masa depan pariwisata Indonesia. Who Wins the Future, Wins The Game. Ini adalah implementasi kebijakan Kementerian Pariwisata yang serba digital melalui Tourism 4.0,” katanya.