Menperin : Investasi Meningkat, Struktur Manufaktur Industri Elektronika Indonesia Semakin Kuat

Menperin : Investasi Meningkat, Struktur Manufaktur Industri Elektronika Indonesia Semakin Kuat
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto/Foto: Ist

MONITORDAY.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, Industri elektronika di Indonesia diyakini akan semakin kuat struktur manufakturnya seiring masuknya sejumlah investor baru.

“Industri elektronika ini terus kami genjot pengembangannya agar mampu berperan sebagai sektor penghasil devisa yang signfikan, dan sektor ini menjadi industri berbasis dalam negeri," kata Menteri Airlangga dikuti dalam siaran persnya, Ahad (21/7).

Menperin mengungkapkan, salah satu investor industri elektonik yang telah menyatakan minatnya bakal menggelontorkan dananya di Indonesia, yaitu Compal Group.

“Compal adalah salah satu produsen produk Apple seperti iPad dan iWatch yang akan masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Menperin berharap, peningkatan investasi ini selain dapat memacu kapasitas produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor, juga diharapkan menghasilkan produk substitusi impor.

Selain itu, Menurut Airlangga, dalam upaya memfasilitasi investasi sektor industri yang masuk ke Indonesia, pemerintah terus mengakselerasi sejumlah pembagunan kawasan industri yang terintegrasi dengan infrastruktur penunjang seperti pelabuhan.

“Hal ini agar bisa cepat untuk suplai bahan bakunya,” ujarnya.

Karena hal itu, tambah Airlangga akan memacu nilai tambah dan daya saing produk dalam negeri agar bisa ekspor.