Menpora Prediksi Indonesia Akan Menang Lawan Singapura

Menpora Prediksi Indonesia Akan Menang Lawan Singapura

MONITORDAY.COM-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi memprediksi Timnas Indonesia bisa menang lawan Singapura dalam laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion National, Kallang, pada Jumat (9/11/2018).

Selain Singapura, Timnas Indonesia juga bakal melawan Filipina, Timor Leste, dan Thailand di pertandingan selanjutnya di Grup B Piala AFF.

"Semoga bisa menang, dan saya yakin bisa menang, karena kami tahu bahwa kelas dari Singapura itu di bawah Timnas Indonesia. Saya yakin bisa menang 2-0," kata Imam di Kemenpora pada Kamis (8/11/2018).

Senada dengan Menpora, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto juga berharap Timnas Indonesia bisa meraih hasil maksimal di laga tandang pertamanya. Ia berpendapat skuat Merah Putih sudah jauh lebih baik dari Piala AFF 2016.

"Dua tahun yang lalu habis dibekukan saja masuk final, hasilnya bagus meski tidak sempat jadi juara. Yang sekarang, alasannya apa lagi? Kemarin sempat dipoles [pelatih Spanyol] Luis Milla, ikut Asian Games 2018 meski tak bisa sampai ke tahap berikutnya, dan yang terakhir adalah aura atau chemistry peningkatan prestasi sepak bola sedang gencar-gencarnya," ucap Gatot.

"Ada Timnas Indonesia U-16 yang kemarin sukses, Timnas Indonesia U-19 yang kami tunggu 40 tahun lalu baru sekali ini muncul. Sebetulnya tidak ada alasan untuk [Timnas Indonesia] tidak sukses," ucapnya melanjutkan.

Kendati demikian tim Merah Putih memiliki rekor buruk jika menghadapi Singapura pada ajang Piala AFF. Timnas Indonesia sebelumnya sudah delapan kali bertemu Singapura di Piala AFF. Dari delapan pertemuan itu skuat Garuda hanya mampu meraih dua kemenangan dan menelan empat kekalahan.

Pertemuan pertama melawan Singapura terjadi di semifinal Piala AFF 1998. Ketika itu Indonesia kalah 1-2 dari Singapura. Satu gol Indonesia dicetak penyerang Miro Baldo Bento pada laga yang berlangsung di Ho Chi Minh City.

Setelah pertemuan itu Indonesia tidak pernah meraih kemenangan atas Singapura di lima pertemuan selanjutnya, termasuk saat dua kali kalah di final Piala AFF 2005. Ketika itu Indonesia kalah 1-3 di leg pertama dan 1-2 di leg kedua.Sementara dalam pertemuan terakhir yang terjadi pada Piala AFF 2016, gol Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly membalikkan keadaan setelah gawang Kurnia Meiga sempat dibobol Khairul Amri.