Muchlas Rowie Imbau Masyarakat Percayakan Sidang Gugatan Pilpres Pada MK

Muchlas Rowie Imbau Masyarakat Percayakan Sidang Gugatan Pilpres Pada MK
Ketua Koordinator Pusat Balad Jokowi, Muchlas Rowie.

MONITORDAY.COM - Ketua Umum Relawan Balad Jokowi Muchlas Rowie meminta kepada masyarakat agar mempercayakan seluruhnya kepada Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), yang digelar Jumat (14/5) siang ini.

Ia meminta, agar masyarakat tak perlu datang ke MK pada saat sidang gugatan yang diajukan oleh tim Paslon 02 Prabowo-Sandi itu. 

"Masyarakat tidak perlu datang ke MK, percayakan semuanya pada jalur konstitusi," ujar Muchlas, kepada monitorday.com, Jumat pagi.

Muchlas juga meminta agar tidak perlu ada pengerahan masa dilakukan oleh kedua pihak pada saat sidang PHPU ini berlangsung.

Menurutnya, kejadian 22 Mei harus jadi yang terakhir. Jangan sampai terjadi lagi nyawa anak bangsa yang melayang akibat adanya perbedaan pandangan. 

"Jangan sampai karena alasan kebebasan berpendapat, berdemo, tapi tidak menaati konstitusi, akhirnya nyawa anak bangsa melayang," tuturnya. 

Karena itu, Muchlas pun menyambut baik langkah dari pihak Prabowo-Sandi selaku penggungat di MK, yang telah mengimbau agar pendukungnya tidak perlu turun saat sidang berlangsung.

Kalau pun ada pihak yang mau berdemonstrasi, Muchlas meminta agar pihak tersebut selalu menaati aturan yang ada. Menurut ia, pada ada dasarnya kebebasan berpendapat dilindungi oleh konstitusi. 

lebih lanjut Muchlas mengingatkan, bahwa Pilpres merupakan mekanisme Demokrasi biasa yang digelar lima tahunan. Jangan sampai terjadi perpecahan akibat tidak mau menerima hasil yang ada.

"Persatuan adalah hal lebih penting bagi bangsa Indonesia. Mari kita kembali pada konstitusi," tandasnya.