NASA Umumkan Penerbangan Komersil ke Luar Angkasa

NASA Umumkan Penerbangan Komersil ke Luar Angkasa

MONITORDAY.COM - NASA mengumumkan tanggal penerbangan komersial pertamanya. Penerbangan ini akan mengangkut astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Rencananya, NASA akan melakukan delapan peluncuran teramasuk SpaceX Crew Dragon dan Boeing CST-100. Peluncuran ini akan terlaksana antara Januari dan Desember 2019.

Untuk diketahui, NASA akhirnya memunculkan kembali pembicaraan mengenai pembukaan jalur wisata ke ISS. Proposal yang diajukan Jim Bridenstine beberapa tahun lalu itu belum mendapatkan izin. Namun akhirnya NASA mendapatkan izin untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Ada syarat yang diajukan pemerintah Amerika Serikat agar NASA boleh menjalankan misi itu. SpaceX dan Boeing harus menunjukkan bahwa kapsul dan sistem yang mereka gunakan aman dan layak terbang. Untuk itu, kedua perusahaan tersebut berniat melakukan uji coba dengan pesawat tanpa awak.

Uji coba SpaceX, yang disebut dengan Demo-1, rencananya akan digelar pada 7 Januari 2019, sementara uji coba Boeing akan dilakukan pada Maret 2019. Tahap selanjutnya kedua perusahaan ini mesti membuktikan bahwa pesawat besutannya mampu meluncurkan kapsul emergency ketika terjadi kesalahan saat peluncuran.

Selanjutnya di bulan Juni NASA akan meluncurkan uji coba SpaceX berawak. Boeing menyusul pada Agustus 2019. Jika kedua uji coba yang dilakukan berhasil mendapatkan respon positif, penerbangan komersial perdana akan dilakukan SpaceX di bulan Agustus. Sementara Boeing akan memulai perjalanan perdananya pada Desember 2019.