Novel Baswedan Bantah Dirinya Terafiliasi Salah Satu Parpol

Novel Baswedan Bantah Dirinya Terafiliasi Salah Satu Parpol

MONITORDAY.COM - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan membantah tudingan bahwa dirinya salah satu afiliasi partai politik (parpol). Dia menegaskan tuduhan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya kira tuduhan itu tidak benar dan pasti salah,” ujar Novel di depan Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2019).

Novel menegaskan, dirinya sama sekali bukan kader dari salah satu parpol. Sebab seorang penyidik KPK harus jauh dari nuansa politik, terutama parpol.

“Saya tegaskan, saya tidak mempunyai kepentingan untuk membawa ke arah politik mana pun dan tentunya kita tidak boleh membiarkan orang yang terafiliasi politik ada di KPK,” tegasnya.

Sebelumnya, penyidik KPK Novel Baswedan dikaitkan dengan Partai Gerindra. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane yang mengembuskan isu Novel Baswedan sebagai orang Partai Gerindra.

“KPK perlu menjelaskan dan mengklarifikasi adanya isu bahwa penyidiknya, Novel Baswedan, sebagai ‘orang’ Partai Gerindra di lembaga antirasuah itu. Klarifikasi itu menjadi penting karena menyangkut independensi KPK dalam hal pemberantasan korupsi dan KPK tidak ditunggangi kepentingan politik tertentu dalam pemberantasan korupsi di tahun politik 2019 ini,” ucap Neta dalam keterangannya, Selasa (2/4/2019).