Pamerkan Produk di LKS SMK, PT PJS Harap Siswa SMK Lebih Paham Perkembangan Teknologi

Pamerkan Produk di LKS SMK, PT PJS Harap Siswa SMK Lebih Paham Perkembangan Teknologi
Beberapa pengunjung sedang melihat-lihat produk di booth pameran PT. PJS, di Jogja Ekspo Center, Yogyakarta, Kamis (11/7).

MONITORDAY.COM - Dalam acara tahunan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) 2019 di Yogyakarta, terdapat beberapa perusahaan yang ikut memamerkan produknya. Beberapa produk mereka tawarkan melalui booth yang disediakan di sekitar venue perlombaan. 

Salah satunya adalah PT. Panca Jaya Setia (PJS). Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif equipment, beberapa produk yang ditawarkan merupakan produk terkait teknologi otomotif yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

Khe Susanto, selalu owner PT. PJS mengatakan, tujuan pihaknya ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah dalam rangka turut memberikan pembelajaran bagi siswa SMK terkait produk teknologi otomotif. di samping itu, perusahaan ini juga telah menjalin kerjasama dengan kementerian sebagai penyedia peralatan peraga pendidikan, khususnya peralatan pendidikan SMK.

"Pihak kementerian saat ini sangat mengapresiasi kepada Perusahaan-perusahaan yang mau sharing dalam rangka memberikan nilai tambah dan memajukan pendidikan nasional," ujar Susanto, saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis, (11/7). 

Ia pun memberi apresiasi pihak Kementerian Pendidikan karena saat ini telah terbuka bagi seluruh perusahaan untuk sharing terkait produk yang berkaitan dengan kompetensi siswa SMK. "Mereka saat ini mempunyai keterbukaan, jadi semua elemen perusahaan baik kategori kecil, menengah, maupun besar dirangkul untuk berpartisipasi dan tanpa dipungut biaya," ujar Susanto.

Ia mengatakan, perusahaan yang dipimpinnya itu sebenarnya sudah cukup lama membagun kerja sama dengan beberapa kementerian, terutama dengan kementerian ketenagakerjaan. Namun terkait kerjasama di bidang pendidikan, baru dilakukan beberapa tahun terakhir ini.

Susanto berharap, dengan ikut berpatisipasinya PT.PJS, dapat memberikan pembelajaran terutama untuk siswa SMK terkait teknologi otomotif yang ditawarkan. "Harapannya tentu agar para siswa mempunyai pemahaman, menambah wawasan mereka, mengikuti perkembangan-perkembangan teknologi, baik otomotif maupun peralatan peralatan lainnya," ujar dia.

Terkait produk yang ditawarkan, Marketing Produk PT. PJS, Dede Kosasih mengatakan, perusahaan itu menyediakan alat untuk beberapa bidang keahlian. "Seperti ketahahan pangan, ketahanan energi, maritim, teknologi rekayasa dan perhotelan, jadi hampir semua kebutuhan peralatan peraga pendidikan untuk SMK dapat kami penuhi," ujarnya.

Dede menyampaikan, PT. PJS juga mempunyai tenaga ahli yang sangat kompeten di bidang masing-masing dan sudah mengantongi sertifikat BNSP. Selain itu, produk produk yang disediakan sebagian besar adalah produk import, yang tentunya dengan mengutamakan kualitas dan sudah disesuaikan dengan KI/KD bidang kompetensi keahlian yang ada di SMK. 

Lebih lanjut, Dede menyampaikan, pihaknya juga telah menggandeng SMK Swasta untuk bersama-sama memproduksi alat trainer atau peraga yang muaranya nanti dipakai oleh para siswa SMK itu sendiri, sehingga produk mereka juga tersalurkan. 

"Kami juga merupakan vendor resmi LKPP yang mana produk produk kami sudah tercantum dalam katalaog peralatan pendidikan yang ada pada portal mereka. Kami selalu berkomitmen untuk ikut mewujudkan siswa SMK yang berprestasi dan siap untuk diterjunkan dalam dunia kerja," tandasnya.