Pemerintah Dorong Produk Lokal Bersaing di Pasar Global

Pemerintah Dorong Produk Lokal Bersaing di Pasar Global
Presiden Joko Widodo saat meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia 2019 (HBDI) di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta (15/8)/Foto: Doc Kemenpar

MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo meluncurkan Hari Belanja Diskon Indonesia 2019 (HBDI) di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta (15/8). Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia mendorong pengusaha dan produk-produk lokal untuk bisa bersaing di kancah global.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pengusaha lokal pemilik merek-merek lokal untuk bisa mengisi pasar yang besar baik di tingkat domestik maupun di ranah global.

Presiden Joko Widodo menekankan penggunaan dan pengutamaan produk buatan dalam negeri karena pasar Indonesia itu sangat besar.

“Ini tugas para pengusaha lokal pemilik merek-merek inilah untuk mengisi pasar yang besar ini. Sehingga ketika barang luar negeri yang akan masuk, sudah penuh,” kata Presiden Joko Widodo seperti dikutip dalam siaran persnya, Sabtu (17/8).

Kepala Negara juga mendorong ruang-ruang strategis di pusat-pusat perbelanjaan untuk diberikan ke merek-merek lokal. Tidak hanya untuk merek dari luar negeri saja yang mengisi tempat strategis.

“Jangan biarkan pasar lokal dikuasai asing. Hati-hati, karena neraca perdagangan masih defisit. Kita harus meningkatkan kecintaan kita pada produk-produk dalam negeri,” katanya.