Pengamat Nilai Debat Capres Besok Akan Seperti Perang Ideologi

Pengamat Nilai Debat Capres Besok Akan Seperti Perang Ideologi
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago Setelah Acara Diskusi di Jakarta, Jum'at (29/3)/Foto: Alfan

MONITORDAY.COM - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai perang ideologi akan terjadi di debat Calon Presiden (Capres) keempat Sabtu besok (30/3).

Sebagaimana yang sering dituduhkan kepada kedua Pasangan Calon (Paslon). Tuduhan terhadap kubu petahana bahwa Jokowi adalah antek asing dan Jokowi dianggap PKI. Kemudian juga tuduhan terhadap Paslon dari kubu oposisi bahwa ketika Prabowo menang akan merubah idelogi pancasila menjadi khilafah.

"Perang ideologi besok, yg kita tunggu-tunggu adalah mereka mengklarifikasi itu semua, kalau pak jokowi dianggap PKI, dianggap antek asing. Prabowo dianggap akan merubah ideolgi Pancasila menjadi khilafah, silahkan klarifikasi di situ," ujar Pangi dalam acara diskusi yang bertajuk "Perang Opini, Adu Gagasan, berebut Simpati Rakyat" di Jakarta, Jumat, (29/3).

Dari permasalahan-permasalahan diatas, ia mengatakan kemungkinan besar debat keempat besok akan menjadi perdebatan paling menarik.

"Besok akan menjadi perang ideologi dari kedua paslon. Baik Jokowi maupun Prabowo akan mengklarifikasi isu tersebut. Saya rasa akan berlangsung seru dibandingkan dengan debat sebelumnya. Mungkin masalah pencapain kerja dan gagasan juga akan menjadi topik yang utama,"katanya.