Pengunjung Padati Pameran LKS SMK 2019

Pengunjung Padati Pameran LKS SMK 2019
Pengunjung memadati pameran SMK dalam gelaran LKS 2019 di Yogyakarta, Selasa (9/7).

MONITORDAY.COM - Dalam gelaran Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tahun 2019 di Jogja, ada hal menarik di mana para pengunjung berbondong-bondong memadati pameran yang digelar di sekitar arena perlombaan. Pengunjung dapat melihat banyak produk karya siswa SMK yang dipamerkan oleh setiap sekolah maupun industri.

Produk-produk yang dipamerkan seperti hasil olahan kopi, suvernir khas daerah, beberapa mesin karya siswa SMK, serta beberapa produk lain yang dihasilkan oleh kompetensi setiap jurusan yang ada di SMK. 

Aditya Putra, salah satu pengunjung yang merupakan siswa SMK Muhammadiyah Yogyakarta mengaku senang melihat pameran yang ada. Menurut dia dengan melihat begitu banyak produk karya siswa SMK akan memperluas wawasan terkait kompetensi yang dimiliki oleh sekolah-sekolah kejuruan dari seluruh Indonesia.

Salah satu yang menarik perhatian Aditya dalam pameran tersebut yaitu pameran yang berkaitan dengan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Menurut dia, sebagai siswa yang sekolah dengan jurusan tersebut, Ia merasa mendapat ilmu baru yang sebelumnya tidak didapatkannya di sekolah. "Karena saya jurusan TKR, menurut saya pameran terkait itu sangat menarik," ujar dia. 

Sementara pihak yang memamerkan produknya juga merasa diuntungkan. Seperti dari SMKN 1 Cilegon, merasa diuntungkan karena produk yang mereka bawa bisa ditawarkan ke masyarakat dan membuktikan bahwa SMK akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat jika dikelola dengan baik. 

Suryana, salah satu guru SMKN1 Cilegon yang ikut dalam memamerkan produknya dalam event tersebut mengatakan, dengan adanya pameran itu, pihak sekolah merasa tentang untuk berfikir keras guna membuktikan bahwa yang dipelajari di SMK mempunyai manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Tadi beberapa pengunjung juga sudah mulai ada yang nanya-nanya harga, waktu pembuatannya berapa lama, bahkan ada juga yang pingin produk kita dikirim ke Sulawesi. Itu membuktikan pameran ini punya pengaruh signifikan dalam mempromosikan karya dari siswa SMK," ujarnya. 

Untuk diketahui, LKS SMK 2019 digelar pada 8-12 Juli. diikuti oleh sebanyak 759 siswa SMK dari 34 provinsi untuk unjuk kemampuan di 32 bidang pekerjaan. Seluruh acara dan perlombaan digelar di Yogyakarta, meliputi beberapa venue, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jogja Ekspo, SMK 6 Yogyakarta.