Penjualan Saham Terbesar Softbank Senilai USD 21 M

Penjualan Saham Terbesar Softbank Senilai USD 21 M
masayoshi son

MONITORDAY.COM - Softbank Jepang berencana untuk mendaftarkan unit mobile-nya di Tokyo bulan depan dalam apa yang bisa menjadi salah satu penawaran saham terbesar di dunia. Sebuah langkah bisnis yang sangat berani karena menyangkut modal dalam jumlah yang mencengangkan.

Penawaran senilai 2,4 triliun yen atau sekitar USD 21 M saham dari Softbank yang dipindahkan dari telekomunikasi menuju investasi teknologi.  Jika permintaan memicu penawaran tambahan, IPO ini dapat menyaingi daftar rekor USD 25 miliar yang dicatat Alibaba.

Dipimpin oleh miliarder Jepang Masayoshi Son, perusahaan ini telah membangun portofolio investasi teknologi tinggi. "Selama beberapa tahun terakhir, Softbank telah secara bertahap berubah dari telekomunikasi ke lebih dari sebuah perusahaan modal ventura," Marc Einstein, analis di ITR Corporation di Tokyo mengatakan.

Softbank dimulai sebagai perusahaan telekomunikasi Jepang tetapi sejak itu menjadi konglomerat teknologi melalui berbagai kesepakatan dan investasi. Perusahaan yang dijalankan oleh miliarder Jepang Masayoshi Son, pindah ke robot dan mengembangkan robot Lada yang mirip manusia pada tahun 2014.

Beberapa transaksi termasuk membeli perusahaan chip UK ARM Holdings seharga USD 30.1 M, investasi USD 1 M di satelit OneWeb, dan menyiapkan dana ventura dengan Arab Saudi.

Softbank juga telah menunjukkan minat untuk investasi dalam transportasi online, mendukung Didi Chuxing Cina dan aplikasi Grab panduaan di Asia Tenggara. Ini juga memiliki saham besar di Uber.

Sebelumnya mengakuisisi pengoperasianVodafone di  Jepang dan perusahaan telekomunikasi AS, Sprint. Teknologi mengemudi sendiri juga telah menarik investasi dari Softbank, termasuk kemitraan dengan Toyota untuk mengembangkan layanan transportasi menggunakan kendaraan otonom.