Pentingnya Generasi Milenial Melek Soal SDGs

Pentingnya Generasi Milenial Melek Soal SDGs
Milenial. (c) Google

MONITORDAY.COM – Kamu generasi millennial? Sudah tahu tentang SDGs? Kalau belum, SDGs adalah singkatan dari Sustainable Development Goals, atau bisa disebut juga sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

SDGs adalah kelanjutan dari MDGs, atau Millennium Development Goals, yang menjadi acuan negara-negara berkembang pada tahun 2000 hingga 2015. Nah, SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target indikator—sebuah perkembangan dari MDGs yang hanya memiliki 8 tujuan—dan diresmikan oleh PBB sebagai tujuan yang ingin dicapai dunia tahun 2015 sampai tahun 2030 mendatang.

Tujuan-tujuan yang ada di dalam SDGs meliputi penghapusan kemiskinan dan kelaparan, menjunjung tinggi kesetaraan, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan, memerhatikan lingkungan—darat maupun laut, serta mewujudkan perdamaian melalui penguatan institusi dan kerjasama.

Generasi millennial sudah sepatutnya paham tentang SDGs, karena generasi inilah yang akan menjadi pioneer dalam pemenuhan target-target dalam SDGs. Banyak komunitas-komunitas kaum muda yang memiliki fokus pada SDGs bermunculan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya SDGs dan bagaimana kaum muda dapat berkontribusi dalam pencapaiannya. Organisasi atau komunitas yang bergerak di salah satu atau semua bidang SDGs secara keseluruhan, tergabung dalam suatu wadah internasional, yaitu UN Sustainable Development Solutions Youth, yang lebih dikenal sebagai SDSN Youth.

Ingin tahu lebih lanjut tentang SDGs? Kamu bisa kepoin website https://sustainabledevelopment.un.org untuk penjelasan detil resmi dari PBB. Sementara, Indonesia juga memiliki Sekretariat SDGs di bawah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).