Perluas Khazanah Tafsir Quran di Indonesia, IKPMI Gelar Bedah 'Tafsir Inspiratif'

Perluas Khazanah Tafsir Quran di Indonesia, IKPMI Gelar Bedah 'Tafsir Inspiratif'

MONITORDAY.COM - Puluhan peserta yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Modern Al-Ikhlas (IKPMI) Jabodetabek menyelenggarakan Acara Silaturahmi dan Bedah Buku Tafsir Inspiratif, di Hotel Horison Grand Serpong, Minggu (3/2/2019).

Buku yang dibedah berjudul Tafsir Inspiratif “Ayat-Ayat Al-Quran Pilihan Penggugah Jiwa” yang merupakan karya Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash KH. DR. M. Tata Taufik, M.Ag. Bedah buku Tasfir Inspiratif ini langsung menghadirkan sang penulis sebagai narasumber, juga menghadirkan Ade Irfan Abdurrahman M.Si, Alumni Al-Ikhlash tahun 2007 yang juga Dosen Ilmu Komunikasi di UNIS Tangerang sebagai pembanding.

“Peserta yang ikut dalam kegiatan ini datang, dari berbagai daerah, khususnya JABODETABEK serta ada juga yang diluar JABODETABEK, yaitu dari Indramayu, Bandung, Karawang, dan para Asatidz PondokPesantren.” Ujar Dedi Saful Alam Ketua IKPM Jabodetabek.

Dedi menjelaskan, bahwa Silaturahmi bukan cuma bertemu satu kali, tapi harus ada keberlanjutan. karenanya, dengan adanya acara Silaturahmi dan bedah buku Tafsir Inspiratif Ayat-Ayat Al-Quran Pilihan Penggugah Jiwa diharapkan bisa memberikan ruang ikatan keharmonisan antara alumni dengan pimpinan pondok serta memberikan pemahaman nilai-nilai tafsir inspiratif. 

Tafsir Inspiratif mempunyai kandungan makna yang mudah untuk diterima semua kalangan, dengan gaya bahasa serta penulisan konten yang dipilih, menjadikannya mudah untuk dipahami namun tetap sangat menggugah jiwa. Sehingga pesan yang terdapat dalam buku ini mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang yang membacanya.

Di Indonesia kita kenal tafsir Al-Mishbah karya Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, M.A, juga ada Tafsir Al-Azhar karya Prof. Dr. Hamka. Sementara gagasan dari buku Tafsir Inspiratif karya KH. DR. M. Tata Taufik , M.Ag ini adalah mengisi kekosongan khazanah tafsir tematik karya Mufasir Indonesia yang mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tafsir ini diharapkan mampu menginpirasi pembaca untuk melakukan “amar ma’ruf nahi munkar”. 

Menurut penulis, Tafsir ini sebenarnya sudah mulai menginspirasi pembaca hanya dengan membaca judul nya saja. Judul-judul dalam setiap uraian sengaja ditulis menggunakan bahasa yang mudah dan menggugah agar dapat diterima dengan pemahaman masing-masing," Ungkap KH. DR.M.Tata Taufik M.Ag.

Sementara itu, menurut Ade Irfan Abdurahman, M.Si. Salah satu kelebihan dari Tafsir Inspiratif ini adalah dengan membagi tema menjadi tiga asek kajian terpenting yaitu aspek Renungan, Akidah, dan Syariah. Ketiga aspek dari buku Tafsir Inspiratif ini sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari terutama kehidupan da’i dalam menghadapi kesulitan dan persoalan dakwah. 

Karena itu, menurut Irfan buku ini akan sangat penting untuk dijadikan sebagai pedoman bagi para da’i selain karena akan mudah dipahami, juga akan memotivasi para dai untuk senantiasa istiqomah dalam melakukan amar ma’ruf nahi munkar terutama dalam menghadapi cobaan-cobaan dan tantangan dakwah.