Persaingan Amazon Dan Mercadolibre Dalam Bisnis Mobile Payment Di Meksiko

Persaingan Amazon Dan Mercadolibre Dalam Bisnis Mobile Payment Di Meksiko

 

MONITORDAY.COM – Penggunaan mobile payment semakin tak terelakkan. Bahkan ke negara-negara yang masih rendah akses perbankannya bagi masyarakat luas. Justru dengan mobile payment, mereka yang tidak memiliki rekening bank bisa melakukan transaksi non tunai lebih mudah dibandingkan  menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Bank sentral Meksiko sedang dalam pembicaraan dengan Amazon.com untuk meluncurkan sistem pembayaran mobile baru yang didukung pemerintah yang akan memungkinkan konsumen membayar pembelian online menggunakan kode QR.

Amazon harus bersaing dengan perusahaan Argentina MercadoLibre  dalam penggunaan sistem ini. Pada kesempatan lain pihak MercadoLibre mengklaim telah melakukan kesepakatan dengan Bank Sentral Meksiko terkait kerjasama dalam pengembangan mobile payment ini. Persaingan yang tentu saja akan menguntungkan bagi Pemerintah Meksiko untuk mendapatkan tawaran yang paling menarik dari kedua pesaing ini.

Pertama kalinya pengecer online terbesar di dunia menawarkan teknologi pemindaian semacam itu di Meksiko. Demikian dilansir Reuters (6/3/2019). Langkah ini menunjukkan potensi bisnis online di Meksiko cukup bahkan sangat menjanjikan. Hal yang tentu saja juga harus diantisipasi agar konsumen Meksiko lebih bijak dalam membeli sekaligus memberdayakan ekonomi mereka dalam lingkup dan selaras dengan perkembangan ekonomi digital.  

Setengah populasi Meksiko tidak memiliki rekening bank. Ini tentu menjadi hambatan tersendiri dalam bisnis atau transaksi modern yang membutuhkan kecepatan, kemudahan, dan keamanan transaksi. Hambatan pemasaran dan inefisiensi bisa diminimalkan. Setiap potensi ekonomi memperoleh kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Sistem pembayaran, yang dikenal sebagai CoDi, sedang dibangun oleh bank sentral Banco de México, yang dikenal sebagai Banxico. Dengan sistem ini maka babak baru dalam sistem pembayaran digital di Meksiko telah dicanangkan.  

CoDi akan memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran online  secara langsung dan gratis melalui smartphone menggunakan kode QR. Penerimaan luas terhadap CoDi akan menandai langkah penting dalam strategi inklusi keuangannya.

Perbankan berbasis telepon sangat populer di pasar negara berkembang lainnya seperti Cina, India dan Kenya, dan telah didorong oleh aplikasi yang ramah pengguna dan terjangkau dari perusahaan swasta. Di Indonesia pun pembayaran digital berbasis Smartphone juga semakin menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.  

Reuters juga melaporkan bahwa Pemerintah kiri baru Meksiko di bawah Presiden Andres Manuel Lopez Obrador meyakini bahwa  teknologi keuangan ini akan  membantu pengentasan  kemiskinan.