Pesatnya Dunia E-Commerce, Indonesia Jadi Transaksi Online Terbesar Se-Asia Tenggara

Pesatnya Dunia E-Commerce, Indonesia Jadi Transaksi Online Terbesar Se-Asia Tenggara

MONITORDAY.COM – Berkembang pesatnya dunia E-Commerce di Indonesia rupanya menambah daya beli masyarakat yang sangat tinggi. Pada 31 Januari 2019, Pihak Google melaporkan bahwa transaksi online di Indonesia masih menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Penjualannya pada 2018 mencapai US$2,7 miliar, atau sekitar Rp29,68 triliun.

Momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2018 mencetak penjualan Rp6,8 triliun. Meningkat Rp2,1 triliun dari tahun 2017. Meskipun belum mencapai target yang diharapkan, jumlah ini berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan keseluruhan di online market Indonesia.

Penawaran cashback melalui penggunaan e-wallet yang ditawarkan oleh e-commerce di Indonesia mampu meningkatkan antusiasisme penggunaan e-wallet di Indonesia dari 11% dari tahun 2017 menjadi 15 persen pada tahun 2018. Penawaran jutaan produk, kemudahan bertransaksi, serta jaringan logistik yang luas menjadikan e-commerce di Asia Tenggara berkembang pesat.

Tiga e-commerce regional terbesar, yakni Lazada, Shopee, dan Tokopedia, berhasil melebarkan market mereka hingga tujuh kali lipat dari tahun 2015