Politisi Senior Demokrat Minta SBY Diganti AHY Jadi Ketua Partai

Politisi Senior Demokrat Minta SBY Diganti AHY Jadi Ketua Partai

MONITORDAY.COM - Presidium Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) mendorong Demokrat agar bisa segera melaksanakan kongres luar biasa (KLB). Dalam KLB tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono diminta menyerahkan jabatannya ke anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal itu disampaikan anggota GMPPD yang juga pendiri dan tokoh senior Partai Demokrat Max Sopacua.

"KLB kita tidak susah-susah, Pak SBY tinggal minta AHY untuk memimpin partai ini," kata Max di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, (13/06/2019).

Max menilai AHY adalah kader terdepan Demokrat yang juga paling memiliki potensi untuk memimpin bangsa pada 2024.

Para tokoh senior partai sepakat dengan kepiawaian AHY. Max menyatakan tak ada penolakan atas kepemimpinan anak sulung SBY ini. Namun, tetap semua hal terkait peralihan kepemimpinan harus disepakati kongres, sesuai peraturan partai. 

"Selambatnya pada 9 September 2019 mengingat telah berakhirnya Pemilu 2019 dan memasuki masa Pilkada 2020 demi mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di 2024," kata Max.

Max juga menyampaikan alasan desakan KLB tersebut. Salah satunya suara yang diperoleh Demokrat pada Pileg 2019. Sehingga diperlukannya evaluasi menyeluruh dalam diri partai.

"Terkait kondisi ini, diperlukan adanya introspeksi dan evaluasi menyeluruh untuk kemudian bersama seluruh potensi dan kader guna membangkitkan semangat dan mengembalikan marwah serta kejayaan Partai Demokrat," kata Max.