Praktik Berbisnis di ELDEST SMA Labschool Jakarta

Praktik Berbisnis di ELDEST SMA Labschool Jakarta
Praktik Berbisnis di ELDEST SMA Labschool Jakarta

MONITORDAY.COM – Jumat, 26 Oktober 2018, siswa-siswi kelas 12 SMA Labschool Jakarta menggelar acara puncak dari kegiatan ELDEST. ELDEST, kependekan dari Entrepreneur Challenge Day of SMA Labschool Jakarta, adalah acara tahunan khas SMA Labschool Jakarta yang dilaksanakan dalam dua rangkaian; Open Seminar dan Market Day, di mana siswa-siswi kelas 12 diwajibkan untuk membuat usaha per kelompok.

Ada 21 tenant yang tersebar pada Market Day di Lapangan SMA Labschool Jakarta; 8 usaha kuliner dan 13 usaha apparel. Market Day ini dihadiri oleh civitas academica Labschool Jakarta, para alumni, bahkan orang tua yang juga ikut membeli barang-barang yang dijual pada acara tersebut.

Kegiatan ELDEST bertujuan untuk mengasah minat dan bakat siswa-siswi dalam bidang kewirausahaan. Mereka diwajibkan untuk merancang sebuah usaha dari nol—membuat business plan, menentukan barang yang akan dijual, membuat konsep dan desain, mencari bahan baku, hingga mencoba berbagai teknik marketing di media sosial.

Sebelum acara Market Day, ada Open Seminar yang dilaksanakan pada 8 Oktober 2018 di Auditorium SMA Labschool Jakarta. Seminar tersebut mengambil tema “Seminar Kewirausahaan Milenial: Menumbuhkan Industri Kreatif di Era Revolusi Industri” dan mengundang beberapa pembicara, seperti, Raffi Ahmad, Founder dari RANS Entertainment; Didi Diara, CEO Kayuh; Fandi Achmad, CEO Locale; Natanael, CEO Bananugget; serta Hasan, CEO Baba Mandhi Rice.

“Menurut saya, acara ini adalah kesempatan yang bagus untuk mencoba wirausaha di sebuah lingkungan yang aman dan terkontrol. Merupakan challenge bagi saya, secara fisik maupun mental, karena kami harus menggunakan skill critical thinking, decision making, dan kreativitas pada level yang lebih tinggi,” komentar Kania, salah satu peserta ELDEST 2018 yang membuat usaha apparel Anakara.