Proyek LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia

Proyek LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia

MONITORDAY.COM - Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek memecahkan dua rekor dunia. Dua rekor tersebut yaitu dalam hal konstruksi longspan atau bentang jembatan jalur kereta. 

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto mengatakan, rekor dunia pertama yaitu longspan JORR yang melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder.

“Insya Allah di proyek Jabodebek tahap satu ini akan ada dua tempat (bentang panjang) yang mencatatkan rekor dunia. Pertama longspan JORR, ini terpanjang di dunia untuk konstruksi u-box girder,” ujar Budi usai melakukan longspan closure lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur di atas Tol JORR, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia. Sebelumnya rekor longspan terpanjang dipegang oleh Dubai.

"Sebelumnya rekor ada di Dubai yang memiliki panjang logspan itu hanya 70 meter, nah di sini kita buat 90 meter," kata Budi.

Longspan merupakan struktur jembatan yang bentang tengahnya (jarak antar pilar) lebih dari 45 meter yang melintas di atas jalan jembatan eksisting dan sungai.

Rekor dunia ke dua yaitu konstruksi longspan beton di Jalan Rasuna Said yang memiliki panjang 148 meter. Sebelumnya rekor di Dubai memiliki panjang 135 meter dengan konstruksi baja.

"Ini kebanggan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," jelas Budi.

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) hari ini resmi melakukan pengecoran terakhir longspan atau bentang jembatan lintasan LRT Jabodebek untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur.

"Alhamdulillah, pagi ini kita telah melakukan pengecoran terakhir untuk 3 longspan yaitu di JORR, Cililitan, dan di Cikopo berarti 4 longspan yang sudah selesai termasuk di atas Sungai Kali Bekasi," tandasnya.