Sri Sultan HB X: Lulusan SMK Cerdas dan Berprestasi

Sri Sultan HB X: Lulusan SMK Cerdas dan Berprestasi
Acara Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2019 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (08/07/2019)/Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubawana X membantah adanya anggapan lulusan SMK masih ‘rentan’. Sebaliknya, menurut dia, lulusan SMK banyak yang berprestasi dan cerdas.

"Kalau ada anggapan bahwa siswa SMK masih rentan, pendapat itu terbantahkan oleh prestasi yang diukir di arena Asia. Siswa lulusan SMK Indonesia meraih juara umum di WSA," tegas Hamengkubuwana X dalam sambutannya pada acara pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional 2019 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (08/07/2019).

Dia menuturkan, pada November 2018 lalu, delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 6 Emas dan 3 Perak pada perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kompetisi yang diselenggarakan pada tanggal 26-30 November 2018 mempertandingkan keahlian di bidang vokasi regional Asia.

Sri Sultan HB X melanjutkan, dengan keberhasilan yang diperoleh para lulusan SMK dalam mengikuti ajang WSA itu, membawa Indonesia menduduki peringkat pertama dengan perolehan medali terbanyak.

Dalam perhelatan tersebut, mereka mengalahkan peserta Korea, Taiwan, Malaysia, UEA, dan Bahrain.

"Dengan memborong medali emas dan perak, melebihi capaian target tiga emas dari 17 bidang yang dilombakan," ujarnya.

Untuk diketahui, berikut raihan delegasi Indonesia dalam WSA 2018 lalu:

Refrigeration and AC, diikuti oleh 1 orang Competitor berasal SMKN 2 Kendal dan 1 Expert dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Kemnaker RI mendapatkan Medali Emas.

Fashion Technology, diikuti oleh 1 orang Competitor berasal dari SMKN 4 Surakarta, dan 1 orang Expert dari Pusat Pelatihan Garmen Bandung, mendapatkan Medali Emas.

IT Network Systems Administration, diikuti oleh 1 orang Competitor dari SMKN Bandung dan 1 orang Expert dari UNIKOM mendapatkan Medali Emas.

Electrical Installation, diikuti 1 orang Competitor berasal dari SMKN 2 Kota Serang dan 1 orang Expert dari PT. Inti. Mendapatkan Medali Emas.

Web Design diikuti oleh 1 orang Competitor berasal dari SMK Immanuel dan 1 Expert dari Universitas Bina Nusantara juga mendapatkan Medali Emas.

IT Software Solution for Business diikuti 1 orang Competitor berasal dari SMK Immanuel dan 1 Expert dari Universitas Bina Nusantara mendapatkan Medali Emas.

Electronic, diikuti oleh 1 orang Competitor berasal dari SMKN 3 Boyolangu dan 1 Expert dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Kemnaker RI;

Kejuruan Welding diikuti oleh 1 orang Competitor yang berasal dari SMKN 2 Banyumas dan 1 orang Expert dari PT. Aditama Karsa mendapatkan medali perak;

Kejuruan Automobile Technolgy diikuti 1 orang Competitor berasal dari SMKN 1 Sukohardjo dan 1Expert dari OTO Flash Jakarta juga mendapatkan medali perak.

Car Painting diikuti 1 orang Competitor berasal dari SMK PGRI 3 Malang dan 1 Expert dari PT. Astra Daihatsu Motor.