Reni Marlinawati : Konten Negatif Gawai Menjadi Ancaman Masa Depan Anak Indonesia

Reni Marlinawati : Konten Negatif Gawai Menjadi Ancaman Masa Depan Anak Indonesia
Ilustrasi

MONITORDAY.COM - Reni Marlinawati, Wakil Ketua Komisi X DPR RI menilai dampak negatif gawai bakal mengancam masa depan anak-anak Indonesia. Ia mengungkapkan jika penggunaan gawai tidak mendapat kontrol yang ketat akan menimbulkan efek negatif, kini pengunaan gawai tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan anak-anak.

“Ada dampak negatif yang ditimbulkan dari keberadaan gawai. Mulai akan menjadikan anak asosial, kurang bergerak hingga menimbulkan efek negatif bagi kesehatan anak," kata Reni dalam pesan yang diterima monitorday.com, Selasa (23/7).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebutkan tidak sedikit anak-anak akan meniru aksi kekerasan karena terinspirasi dari konten yang tersedia di gawai baik melalui game maupun video.

Menurutnya, konten porno juga memungkinkan muncul dari gawai yang dipakai oleh anak-anak. Ia juga berpandangan efek dari gawai juga akan mengurangi daya hafal anak-anak.

"Dalam jangka waktu pendek bisa saja tidak akan dirasakan dampak negatifnya, tetapi dalam jangka waktu menengah dan panjang, gawai bakal merusak lahir dan batin bagi anak-anak," tegas Reni.

Politisi dari daerah pemilihan Jawa Barat ini juga menganggap, gawai memiliki nilai positif juga bagi tumbuh kembang anak seperti soal pembelajaran dan hiburan yang edukatif bagi anak.

"Meski harus kita akui, ada juga sisi positif gawai. Namun, penggunaan gawai harus dikelola oleh orang tua serta konten apa saja yang layak dilihat oleh anak-anak," tambahnya.