Romo Franz Magnis Sarankan OPM Hentikan Pendekatan Senjata Terkait Persoalan Papua

Romo Franz Magnis Sarankan OPM Hentikan Pendekatan Senjata Terkait Persoalan Papua
Rohaniawan senior, Romo Franz Magnis Suseno

MONITORDAY.COM - Rohaniawan senior, Romo Franz Magnis Suseno menyarankan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk menghentikan niatnya untuk memisahkan diri dari Indonesia. Menurutnya, hal tersebut malah akan menambah korban dan merugikan masyarakat Papua.

"OPM hentikan pendekatan bersenjata, itu tidak punya masa depan. Itu hanya akan menambah pembunuhan, kematian yang akan merugikan orang Papua itu sendiri," kata Romo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/8).

Ia menjelaskan, bahwa Papua tidaklah sama dengan Timor Leste. Papua sudah sejak awal merupakan bagian dari Indonesia, yang sudah seharusnya tak perlu adanya pemisahan  "Papua itu memang sudah sah Indonesia dan tentu semua harus dijaga dalam rangka persatuan Indonesia," ujar Romo Magnis.

Ia mendorong pemerintah untuk segera mengambil sikap untuk melakukan dialog demi menyelesaikan masalah di Papua. Insiden Papua akan meluas jika pemerintah tidak bijak dalam bertindak.

"Kalau itu dilakukan dan dibuka dengan dialog sungguh-sungguh dimana pihak-pihak dari Papua, tentu ada pemecahan banyak orang Papua yang mengerti dan bersedia, dan Papua bisa menjadi succes story," tambahnya.