RUU Pondok Pesantren Dinilai Penting Untuk Cetak SDM Handal

RUU Pondok Pesantren Dinilai Penting Untuk Cetak SDM Handal
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin/istimewa

MONITORDAY.COM - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma`ruf Amin menyatakan dengan adanya Undang-undang Pondok Pesantren, yang saat ini masih berupa RUU, diharapkan akan meningkatkan kualitas pondok pesantren, baik dari segi SDM, maupun fasilitas dan sarana.

“Kehadiran RUU Ponpes diharapkan menjadi triger peningkatan kualitas SDM, sarana dan prasarana ponpes,” kata Kiai Ma’ruf, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/2).

Kiai Ma’ruf mengatakan, bahwa pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan para santri untuk nantinya mencetak ulama dan kiai. Menurut Dia, Ulama Dan Kiai terdahulu telah berjasa besar terhadap bangsa ini. Maka dari itu RUU Ponpes merupakan langkah maju untuk meninggkatkan kualitas SDM pesantren.

Mantan Rais Amm PBNU ini menambahkan, bahwa peran ulama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) sangat penting. "Sejak zaman pra kemerdekaan hingga sekarang, ulama memiliki kontribusi yang amat besar. Ulama punya tanggung jawab besar menjaga agama dan NKRI," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat menghadiri Harlah NU ke 93, mengatakan bahwa pemerintah saat ini terus mendorong agar UU Ponpes segera rampung. Dia mengatakan, bahwa aturan ini nantinya menjadi payung hukum yang jelas, termasuk soal anggaran pendidikan pesantren.

Jokowi Berkeyakinan bahwa UU ini akan semakin memajukan pesantren yang ada di seluruh Indonesia. Dia berharap nantinya para santri lulusannya akan menjadi sumber daya yang handal dan dapat bersaing secara global.