Sampai Di Pyongyang Kim Jong Un Akan Ditemui Lagi Pihak AS

Sampai Di Pyongyang Kim Jong Un Akan Ditemui Lagi Pihak AS
Foto : USA Today

MONITORDAY.COM - Selasa tadi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Pyongyang setelah pertemuan Kim-Trump tidak menemui kesepakatan. Meskipun pihak Washington dan Pyongyang saling menyalahkan atas kegagalan tersebut, tetapi mereka masih membuka kesempatan untuk bernegosiasi kembali.

Menyusul pernyataan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang mendesaak Amerika Serikat untuk melanjutkan negosiasi dengan Korea Utara, Mentri luar negeri AS Mike Pompeo berharap Washington akan mengirimkan seorang delegasinya menuju Korea utara dalam beberapa minggu untuk melanjutkkan negosiasi denuklirisasi seperti dikutip dari wartawan Aljazeera.

Surat kabar utama Korea Utara, Rodong Sinmun sebelumnya menagtakan bahwa Kim dan Trump telah sepakat melanjutkan pembicaraan untuk menyelesaikan masalah yang dibahas dalam pertemuan mereka di Hanoi meski tidak menyebut apa saja permasalahan yang terjadi dalam pertemuan tersebut.

KCNA menyebutkan bahwa Kim disambut oleh para petinggi korea Utara dan anak-anak namun tidak menyebutkan apapun mengenai pertemuan Kim dan Trump yang gagal dan berakhir lebih awal.

Para pengamat mengetakan bahwa media Korea Utara tidak mungkin melaporkan kegagalan pertemuan pemimpin mereka dengan Trump untuk mecegah kerugian dalam kepemimpinan Kim Jong Un di Korea Utara.

Mentri Luar Negri AS, Pompeo optimis bahwasannya pembicaraan akan berlanjut setelah kedua pertemuan yang terjadi di Singapuran dan Hanoi mengalami kegagalan.

I am hopeful, although I have no commitment yet, that we will be back at it, that I’ll have a team in Pyongyang in the next coouple week” tutur Pompeo dikutp dari Aljazeera.