Sampaikan Duka Cita, Presiden Jokowi Kenang Pertemuan dan Sorban Pemberian KH Maimoen Zubair

Sampaikan Duka Cita, Presiden Jokowi Kenang Pertemuan  dan Sorban Pemberian KH Maimoen Zubair
Pertemuan Jokowi dan (alm) KH Maimoen Zubair di Rembang (Fhoto/Humas Setkab RI)

MONITORDAY.COM - Berbagai doa serta ucapan duka cita mendalam atas meninggalnya salah satu tokoh Ulama Indonesia KH. Maimoen Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen mengalir deras dari seluruh rakyat Indonesia, salah satunya dari orang nomor satu negeri ini, Presiden Joko Widodo.

“Innalillahi wainnai laihi rojiun, innalillahi wainna ilaihi rojiun, innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah berpulang ke Allah SWT, Kyai Haji Maimoen Zubair, di Makkah, tadi pagi,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8), seperti dilansir dari laman resmi sekretariat kabinet Republik Indonesia

Sosok Mbah Moen, menurut Jokowi adalah kyai karismatik, kyai yang selalu menjadi rujukan-rujukan bagi umat Islam dalam hal fiqih, dan beliau juga sangat gigih dalam menyampaikan NKRI harga mati.

“Oleh sebab itu, kita sangat kehilangan, dan atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, kita semua berbelasungkawa, atas wafatnya beliau, semoga diterima di tempat yang terbaik, di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan,” tutur Jokowi.

Secara pribadi, Jokowi mengungkapkan ada momen yang sangat berkesan yang tidak bisa dilupakan yakni saat dirinya mendapatkan kehormatan dikalungi sorban secara langsung oleh KH Maimoen Zubair saat Pilpres beberapa waktu lalu. Hal ini diunggah oleh Jokowi dalam akun media sosial pribadinya @jokowi yang diposting sejam yang lalu.

“Sorban hijau ini dikalungkan sendiri oleh Kiai haji Maimun Zubair. Hari ini, sang empunya sorban wafat di Makkah,” dalam cuitannya.

Dalam cuitannya tersebut, Jokowi juga mendoakan semoga Mbah Moen ditempatkan di sisi Allah dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

 

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengemukakan bahwa dirinya sudah dua kali berkunjung ke rumah almarhum di Pondok Pesantren Al – Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Setiap kali ke rumahnya, Jokowi mengaku pasti diajak masuk ke kamar beliau. Bahkan yang terakhir waktu itu dirinya juga shalat jamaah Maghrib di kamarnya almarhum, dan Mbah Moen sendiri yang imami.

Seperti diberitakan, ulama kharismatis K.H. Maimoen Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen menutup usia di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8) pagi sekitar pukul 04.17 waktu setempat.