Sejumlah Tokoh Dunia Ucapkan Bela Sungkawa Untuk Tsunami yang Terjadi di Selat Sunda

Sejumlah Tokoh Dunia Ucapkan Bela Sungkawa Untuk Tsunami yang Terjadi di Selat Sunda
Presiden Trump/Net

MONITORDAY.COM - Tsunami yang melanda Indonesia, Sabtu (22/12) mengakibatkan 222 orang tewas, 843 terluka, dan 20 orang dikabarkan masih dalam pencarian. Tsunami yang terjadi di perairan selat sunda ini juga memberi dampak hingga ke kabupaten lampung selatan, kota pesisir Bandar lampung.

Berita tsunami tersebut tidak hanya menarik perhatian warga nasional, namun juga menyedot perhatian dunia. Media-media global seperti BBC, Reuters, dan AFP pun sigap menyampaikan berita duka tersebut ke ranah global.

Tokoh-tokoh dunia juga turut menyampaikan bela sungkawanya kepada para korban tsunami.

Dikutip dari Reuters, Presiden Russia, Vladimir Putin mengucapkan keprihatinannya terhadap Indonesia melalui pesan telegram.

"Rusia ikut bersedih atas negara sahabat Indonesia. Saya meminta Anda untuk menyampaikan ucapan simpati dan dukungan kepada kerabat dan teman yang kehilangan, dan saya berhadap semua yang terluka akibat bencana bisa pulih secepatnya," ucap Putin.

Trump selaku Presiden Amerika juga mengucapkan bela sungkawanya serta mendoakan kesembuhan kepada para korban yang selamat.

"Lebih dari dua ratus orang mati dan hampir seribu orang terluka atau tidak terhitung. Kami berdoa untuk kesembuhan dan penyembuhan. Amerika ada bersamamu," kata presiden kontroversial ini.

Tsunami yang terjadi di Selat Sunda juga menarik perhatian Perdana Menteri Australia, Scott Morisson. Melalui akun twitternya @ScottMorissonMP, ia menyampaikan duka mendalam dan siap membantu Indonesia.

Tidak hanya dari tokoh negara internasional, pesepak bola asal Jerman, Mesut Ozil, juga menyampaikan kepeduliannya kepada Indonesia. Bahkan, Ozil pun menuliskan ucapan belasungkawanya itu menggunakan Bahasa Indonesia.

"Berita buruk dari Indonesia, saya berharap keluarga dari korban bencana alam ini dikuatkan, dan bagi yang terluka semoga lekas pulih dan sehat kembali," tulis akun twitter resmi Ozil, @MesutOzil1088.