Selain Buka Peluang Kerja, Sektor Pariwisata Mampu Ciptakan Kemandirian Desa

Selain Buka Peluang Kerja, Sektor Pariwisata Mampu Ciptakan Kemandirian Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo

MONITORDAY.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo berharap menteri desa yang baru nanti dapat berkomitmen dan mampu memahami dengan mau mendengar aspirasi dari desa.

"Menteri baru nanti dari mana saja tidak masalah, yang paling penting punya komitmen dan punya energi untuk turun dan mendengar aspirasi dari desa," kata Eko di acara Festival Desa Wisata di Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut Eko, Kemendes PDTT telah membuat buku panduan apa saja yang telah dikerjakan. "Buku tersebut bisa jadi pegangan menteri berikutnya," ucapnya.

Eko menilai pembangunan infrastruktur tidak akan ada habisnya. Ia mendorong untuk membangun pariwisata agar dapat menghasilkan pendapatan sendiri.

"Karena kalau jika membangun infrastruktur saja tidak akan ada habisnya. Kalau digunakan untuk mendatangkan pendapatan bagi desanya, maka akan tercipta lapangan kerja dan kemandirian desa," tambahnya.

Sebelumnya, beredar informasi Presiden Joko Widodo menginginkan menteri desa berikutnya adalah orang-orang muda, orang-orang yang memiliki kreativitas dan visi untuk membangun desa ke depan.