Selain Hadiri KTT, Jokowi Akan Bertemu Bilateral Dengan Aung Sun Suu Kyi dan Rodrigo Duterte

Selain Hadiri KTT, Jokowi Akan Bertemu Bilateral Dengan Aung Sun Suu  Kyi dan Rodrigo Duterte
Pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha (Doc. Humas Setkab)

MONITORDAY.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana, Sabtu pagi, (22/6), bertolak dari Lanud Halim Perdana Kusuma menuju Bangkok, Thailand, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN. 

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Setkab, Sabtu (22/6). Selain menghadiri KTT selama dua hari di Bangkok, Jokowi diagendakan juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara - negara ASEAN diantaranya Aung Sun Suu Kyi dan Rodrigo Duterte.

Yang pertama, pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, dilanjutkan pertemuan bilateral dengan State Counsellor Myanmar Aung Sun Suu Kyi.

Seperti diberitakan dalam laman yang sama, salah satu dari tiga agenda issue yang akan dibawa oleh Indonesia dalam KTT ini adalah terkait percepatan perdamaian antara Pemerintah Myanmar dan etnis Muslim Rohingya di Rakhine State. 

Setelah itu, Presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Viet Nam Nguyen Xuan Phuc.

Pada malam harinya, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang rencananya akan dilakukan setelah mengikuti ASEAN Leaders Interface serta 34th ASEAN Summit (Plenary).

Selama pertemuan bilateral, Presiden didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Seskab Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Mendag Enggartiasto Lukita.