Serunya Kampanye #SampahBukanWarisan Mahasiswa KS Unpad

Serunya Kampanye #SampahBukanWarisan Mahasiswa KS Unpad
Foto: Thia/Monitorday

MONITORDAY.COM – Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran 2018 menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan kampus mereka melalui sebuah social campaign bertajuk #SatuUnpadSeribuTempatSampah. “Kami ingin meningkatkan kesadaran mahasiswa, petinggi universitas, dan masyarakat tentang pentingnya kebersihan,” ucap Daffa Naufaldi, Project Officer dari kegiatan ini, tentang tujuan dari pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan kampanye tersebut memiliki empat rangkaian dengan bentuk yang berbeda-beda. Rangkaian pertama dilakukan tanggal 19 September 2018 dalam acara yang diadakan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad, yakni Mabafest, di mana mahasiswa KS menaruh beberapa kantung sampah di sekitar lokasi acara. Tidak hanya menaruh tempat sampah, mereka juga mengumpulkan botol-botol bekas untuk kemudian diberikan pada tukang loak.

Kegiatan Bebersih Unpad dilakukan pada 24 dan 26 September 2018 menjadi bagian kedua dari rangkaian #SatuUnpadSeribuTempatSampah. 90 mahasiswa yang terlibat membantu petugas K3L (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan) Unpad untuk membersihkan lingkungan. Mulai dari mengambil sampah dan membuangnya di tempatnya, hingga menyapu jalanan.

Selain kegiatan fisik, kampanye melalui media sosial tentu tidak boleh dilupakan. Melalui platform Instagram, tagar #SampahBukanWarisan disebarkan. Tagar ini dipilih dengan pesan supaya masyarakat saat ini tidak meninggalkan sampah sebagai warisan kepada anak-cucu di masa yang akan datang.

Acara puncak dilaksanakan tanggal 2 Oktober 2018 dengan melakukan orasi, penandatanganan petisi, serta penyebaran 20 tempat sampah baru di berbagai titik di lingkungan Unpad yang masih minim tempat sampah. Uniknya, tempat sampah baru tersebut diberi kalimat ajakan agar orang-orang yang melihat dapat membuang sampah di tempatnya. Kegiatan ini berhasil menarik perhatian banyak mahasiswa di luar prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan, khususnya perihal sampah.

“Menurut saya, kampanye ini sangat efektif dan mewakilkan suara masyarakat Unpad tentang kurangnya tempat sampah,” komentar Tiara dan Zulham, mahasiswa yang ikut andil dalam social campaign #SatuUnpadSeribuTempatSampah #SampahBukanWarisan.