Siswa Muhamadiyah Gelar Aksi Simpatik Untuk Korban Lion Air JT-610

Siswa Muhamadiyah Gelar Aksi Simpatik Untuk Korban Lion Air JT-610
Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Ratusan siswa SD Muhammadiyah 6 Gadung, Surabaya mengelar aksi simpatik atas musibah beruntun yang sedang menerpa bangsa Indonesia pada beberpa waktu belakangan ini.

Aksi ini ditujukan untuk para korban Smusibah gempa bumi di Lombok Utara, NTB, gempa disertai tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tenggah (Sulteng), hingga yang terbaru peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Aksi simpatik tersebut digelar dalam momen peringatan Hari Sumpah Pemuda, Selasa (30/10) pagi. Seperti dilansir PWMU.co, Aksi diawali dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda: berbangsa, bertanah air dan berbahasa satu, Indonesia. Kemudian, ratusan siswa beserta guru-guru dengan khusyu’ melaksanakan shalat ghaib di masjid sekolah.

Selepas itu, siswa SD Muhammadiyah di Jalan Gadung III No 7 Wonokromo, Surabaya tampak membentangkan kertas yang bertuliskan pray for Sulteng, pray for NTB dan pray for Lion Air JT-610 sebagai ungkapan duka.

Kepala SDM 6 Gadung Munahar mengungkapkan, jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Karawang menyisakan kesedihan mendalam bagi bangsa Indonesia. Mengingat, lanjut dia, belum pulihnya rasa trauma pascagempa di Sulteng dan NTB yang membawa korban jiwa dan harta yang sangat besar.

“Sebagai bagaian dari anak bangsa, kami segenap keluarga besar SDM 6 Gadung ikut berempati atas musibah yang menimpa saudara sebangsa dan setanah air kita,” ungkapnya.

Sementara Muhammad Fauzan, siswa kelas 4C mengatakan, aksi simpatik ini adalah bentuk kepedulian dan empati siswa terhadap sesamanya. “Kami turut berbela sungkawa atas musibah yang beruntun terjadi di negeri tercinta ini,” katanya.