Dunia Kerja Sangat Ketat, Kepsek SMKN 3 Denpasar Pastikan Lulusan SMK Mampu Bersaing

Dunia Kerja Sangat Ketat, Kepsek SMKN 3 Denpasar Pastikan Lulusan SMK Mampu Bersaing
Kepala Sekolah SMKN 3 Denpasar menunjukan hasil karya dari dur ulang daun/Foto: Istimewa

MONIITORDAY.COM – Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Denpasar A.A Bagus Wijaya Putra pastikan siswa lulusan SMK mampu bersaing di dunia kerja.

Bagus menampaikan, siswa dan siswi lulusan SMK Negeri 3 Denpasar 100 persen sudah bekerja, terutama yang mengambil program Dress Making/Busana dan Beauty/Kecantikan.

“Peluang kerja untuk Program Busana dan Kecantikan kami pastikan 100 persen sudah kerja,” kata Bagus saat dihubungi Monitorday.com, Kamis (11/7/2019).

“Bahkan kekurangan tenaga,” imbuhnya.

Namun, Bagus menuturkan, persaingan di Denpasar sangat ketat, sehingga untuk siswa dan siswi program Tataboga dan Perhotelan rata-rata lebih memilih melanjutkan kuliah. 

“Sedangnkan untuk Program Tataboga dan Perhotelan untuk bali sedniri persaingan sangat ketat, jadi rata-rata mereka melanjutkan dengan jurusan yang linear,” ungkapnya.

“Tapi sebagian mereka juga bekerja dan berwirausaha,” tambahnya.

Selain itu dia juga menyampaikan, ada beberapa alumni dari SMK Negeri 3 Denpasar ada yang sudah berkarir di luar negeri.

“Ada yang sudah bekerja di Amerika dan ada juga yang kuliah sambal bekerja di Australia,” terang Bagus.

Lebih lanjut, Bagus mengatakan di daerah Bali peminat untuk masuk SMK sudah mulai meningkat, terutama orang-orang yang jauhdari kota lebih banyak memilih masuk SMK.

“Di Bali sudah mulai meningkat peminatnya untuk ke SMK, terutama sekolah-sekolah yang ada jauh dari kota kebanyakan mencari SMK,” ungkapnya.

“Untuk di Denpasar sendiri kemungkinan masih lima puluh lima puluh,” ucap Bagus.