Sri Mulyani Targetkan Investasi Tumbuh di Angka Enam Persen

Sri Mulyani Targetkan Investasi Tumbuh di Angka Enam Persen
Ruang Rapat Badan Anggaran DPR RI

MONITORDAY.COM - Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan memperkirakan penurunan investasi semester I 2019 bakal berada di kisaran angka lima persen. Ia berupaya investasi di semester selanjutnya akan tumbuh lebih baik.

"Semester I diperkirakan menurun lagi di lima persen, jadi kita akan tingkatkan di semester II diharapkan momentum naik," kata Sri Mulyani dalam perumus kesimpulan realisasi pelaksanaan APBN 2019 dengan DPR RI  di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (22/7).

Sri Mulyani menjelaskan, dengan capaian sebesar lima persen tersebut maka investasi di semester II ditargetkan mampu tumbuh di angka enam persen.

"Kalo target kita tidak akan liat tapi saya harapkan semester II akan lebih baik dari kondisi semester I, Jadi kita bisa-bisa berharap bisa meningkat di enam persen," lanjutnya.

Seperti diketahui, berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) investasi pada kuartal pertama 2019 atau periode Januari-Maret, realisasi investasi tercatat mencapai Rp 195,1 triliun atau naik 5,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu alias year on year (yoy).

Dimana realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat sebesar Rp 87,2 triliun. Realisasi tersebut naik 14,1 persen dari sebelumnya Rp76,4 triliun pada kuartal I 2018.

Sementara, realisasi penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp 107,9 triliun. Realisasi PMA kuartal I 2019 turun 0,9 persen dari periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 108,9 triliun.