Survei Indikator: Prabowo-Sandi Unggul Tipis atas Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat

Survei Indikator: Prabowo-Sandi Unggul Tipis atas Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat
Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tentang Elektoral Menjelang Pilpres 2019 di Jawa Barat. Dalam survei tersebut menunjukan elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) 01 Jokowi- Ma'ruf kalah tipis dari Paslon 02 Prabowo-Sandi. 

"Di Jawa Barat, Prabowo-Sandi (46%) unggul atas Jokowi-Ma'ruf Amin (44%) namun tidak signifikan karena selisih keduanya hanya 2%," demikian dituliskan dalam rilis hasil survei Indikator yang dikutip Kamis, (31/1). 

Hasil ini menjadi poin penting bagi Paslon 01, mengingat Jawa Barat merupakan lumbung suara Prabowo di Pilpres tahun 2014, namun menjelang Pilpres 2019 digelar elektabilitas keduanya semakin tipis perbedaannya.

Disebutkan dalam survei tersebut, bahwa Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dipilih terutama karena dinilai merakyat atau perhatian pada rakyat. sementara Prabowo-Sandi dipilih Iebih dominan karena dianggap tegas atau berwibawa. 

Selain itu, disebutkan juga bahwa pada basis Jokowi-Ma’ruf Amin, mengapa tidak memilih Prabowo-Sandi, terutama karena dinilai belum tahu program kerjanya serta belum ada pengalaman dalam menjalankan pemerintahan. 

Dijelaskan bahwa populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Barat yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. Digelar pada 30 Desember-5 Januari, dengan wawancara tatap muka, menggunakan metode multistage random sampling kepada 1600 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/2.5%.