Survei Voxpol: Sembilan Partai Berpotensi Lolos Ke Parlemen, PDIP Urutan Pertama

Survei Voxpol: Sembilan Partai Berpotensi Lolos Ke Parlemen, PDIP Urutan Pertama
Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago/Foto: Istimewa

MONITORDAY.COM - Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting terkait elektabilitas partai menunjukan hanya 9 partai poltik yang berpotensi lolos dan sukses melampaui ambang batas Parliamentry Threshold (PT) 4%.

Direktur eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/3) mengatakan, PDIP yang memperoleh elektabilitas tertinggi dari partai yang lain, yakni 26.5%. Kemudian Partai Gerindra diposisi kedua dengan tingkat elektabilitas sebesar 14.2%.

Dari kedua partai tersebut merupakan salah satu partai pengusung dari kedua pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 dan 02.

Lanjut Pangi, "diposisi ketiga ada partai Golkar dengan perolehan elektabilitas sebesar 10.6%, kemudian disusul oleh partai PKB 8.4% diposisi keempat," tuturnya.

Kemudia Pangi juga melanjutkan, "diposisi kelima ada partai Demokrat 6,7%, Peringkat keenam ditempati Partai Nasdem 5,5%, setelah itu diposisi ketujuh ditempati PKS 4,9%, selanjutnya PAN berada pada peringkat ke delapan dengan elektabilitas sebesar 4,5%, kemudian yang kesembilan disusul PPP, partai yang terakhir kemungkinan lolos PT 4% dengan perolehan elektabilitas 4.1%."

"Dari data di atas menunjukkan bahwa belum ada satu pun 'partai baru' yang berhasil melampaui ambang batas parlemen (PT 4%), itu artinya parlemen masih 'akan' dikuasai partai wajah lama," pungkasnya.

Voxpol Center mengadakan survei pada tanggal 24 Februari 2019- 6 Maret 2019. Survei dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling.