Talal bin Abdulaziz Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

Talal bin Abdulaziz Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

MONITORDAY.COM  - Ayah dari Investor Miliarder, Al Waleed bin Talal juga saudara laki-laki dari Raja Salman meninggal dunia pada Sabtu lalu.

Raja Talal bin Abdulaziz meninggal di usia ke 87 tahun.

Raja Talal pernah menduduki menjabat di beberapa posisi penting kenegaraan seperti Menteri Komunikasi dan Menteri Ekonomi di tahun 1950 dan 1960.

Sumber Aljazeera mengatakan di tahun 1960 an, Raja Talal sempat dicabut paspornya oleh pemerintah Saudi dan tinggal di pengasingan. Hal tersebut terjadi setelah Ia memimpin sekelompok pangeran menuntut reformasi konstitusi dan bersekutu dengan Presiden Mesir saat itu Gamal Abdel Nasser, musuh utama monarki Saudi kala itu.

Raja Talal kembali ke kerajaan setelah Faisal bin Abdulaziz al-Saud menjadi raja pada tahun 1964, dan mengurangi retorikanya.

Pada tahun 2011, ia mengundurkan diri dari kepemimpinannya di Saudi sebagai badan yang bertanggung jawab untuk mengawasi suksesi kerajaan di pengekspor minyak top dunia.

Raja Talal juga merupakan pengagas reformasi bagi wanita Saudi untuk memiliki hak yang lebih besar untuk bekerja, mengemudi, dan membatasi pengeluaran militer substansial Riyadh.

Diketahui Raja Talal memang telah sakit selama beberapa tahun sebelum wafat pada Sabtu lalu. Pengadilan kerajaan mengatakan doa pemakaman akan ditawarkan untuk Talal di ibu kota Riyadh, Minggu.

Raja Talal telah dirawat di rumah sakit di Riyadh. Namun, tidak jelas di mana tempat Ia wafat.